Feb 11 2016

Valentine Bukan Budaya Bangsa Indonesia

valentine bukan budaya indonesia (FILEminimizer)

Di bulan Februari ini, tepatnya tanggal 14 Februari, para anak muda sering melakukan perayaan bernama “Valentine days” atau hari valentine, yang memiliki makna sebagai hari kasih sayang.

Hari kasih sayang yang disebut-sebut ini, nyatanya sering diisi dengan hal-hal negatif oleh para anak muda khususnya para pelajar. Dan hal inilah yang membuat beberapa pihak sangat menentang hari kasih sayang tersebut yang memang bukan citra dan jati diri bangsa Indonesia, terlebih bagi mereka yang muslim. Sehingga larangan pun bermunculan, misalnya di Balikpapan dan Banda Aceh.

Bagi para pelajar di Balikpapan Kaltim, dilarang keras merayakan hari valentine, karena tidak sesuai dengan budyaa bangsa. Larangn tersebut ditegaskan Muhaimin selaku Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan dengan cara menerbitkan surat edaran ke beberapa sekolah pada 5 Februari 2016 lalu.

Muhaimin mengatakan.”Prinsipnya dengan surat edaran itu, kami mengingatkan sekolah-sekolah agar sama dengan kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Makassar, bahwa tidak ada perayaan Valentine.”

Baca juga : Melalui Ajang Mode, Indonesia–Jepang Kenalkan Budaya Masing-masing

Sedangkan di Banda Aceh. Walikotanya, Illiza Saaduddin Djamal, melarang keras segala bentuk perayaan valentine yang disebarkan melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.

larangan perayaan valentine (FILEminimizer)

“Hal ini disampaikan ke generasi muda untuk menjaga akidah Islam. Islam itu adalah agama kasih syaang dan tidak ada yang dikhususkan pada hari kasih sayang dan ini bukan budaya Islam. Jadi, harus dicegah karena terkait perilaku anak muda,” ungkap Illiza pada BBC Indonesia.

Menurutnya juga, banyak yang merayakan hari valentine ini bukan hanya anak-anak muda bangsa, namun juga beberapa pusat usaha dan belanja yang membuat tema Valentine days. Hal ini pula lah yang perlu diperhatikan, sehingga ia mengungkapkan langkah dalam mengeluarkan hastag #ValentineBukanUntukKami.

Apa yang dilakukan oleh beberapa pihak mengenai larangan perayaan hari Valentine ini bertujuan untuk menghindari semakin berkembangnya budaya asing yang cenderung mengarah pada hal negatif di tanah air. Selain itu, kasih sayang pun tak hanya kita berikan di hari kasih sayang atau valentine saja, namun juga seharunya kita sebarkan kasih sayang tersebut di setiap harinya dengan cara positif yang lebih bermanfaat untuk semua orang.

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...