Feb 25 2016

Tradisi Unik yang Ditemukan di Spanyol

Spanyol, negara matador ini rupanya tak lepas dari berbagai jenis budaya atau tradisi masyarakatnya yang telah ada secara turun-temurun. Negara yang menjadi pemenang piala dunia di tahun 2010 ini memiliki beberapa tradisi unik yang tak kalah menarik dari tradisi yang ada di negara lain.

Tradisi Unik di Spanyol

El Colacho

el colacho (FILEminimizer)

El Colacho, yang lebih dikenal sebagai “festival lompatan bayi atau lompatan setan” ini dilakukan pada hari Minggu setelah Corpus Christi yang biasanya diadakan pada bulan Mei atau Juni (tanggal tak menentu). Tradisi ini juga pertama kali di lakukan pada tahun 1620, di kota Castrillo de Murcia.

Tradisi lompatan setan ini dimaksudkan untuk mengusir roh jahat yang ada pada sang bayi yang dilompati. Tentu saja para orang sang bayi telah mengizinkan para pelompat untuk melompati bayi mereka yang berusia 12 bulan  (1 tahun). Para pelompat ini pun mengenakan jumpsuits merah kuning serta memakai sepatu lari modern. Sebelum melompat, mereka akan mendengarkan aba-aba dari bunyi drum yang dimainkan oleh sejumpah pemuda yang berpakaian hitam. Walaupun tradisi ini terdengar berbahaya, namun tidak ada laporan kecelakaan dalam tradisi El Colacho yang telah dilakukan selama beratus-ratus tahun lamanya ini.

Siesta

siesta (FILEminimizer)

Siesta berasal dari kata “la hora sexta” yang bermakna jam keenam. Terhitung dari jam 6 pagi, maka jam keenam ini adalah jam 12 siang. Dalam pertengahan hari, sekitar 3 jam lamanya, orang Spanyol diberikan kesempatan untuk tidur siang, makan siang, atau juga berkumpul dengan keluarga mereka. Masyarakat disana percaya bahwa dengan tidur siang, otak akan terstimulasi dengan baik dan setelah tidur siang ini, pekerjaan akan dilakukan lebih optimal.

Dansa de la Mort

Dansa de la Mort

Dansa de la Mort atau tarian kematian dilakukan pada Kamis putih di kota abad pertengahan Spanyol. Semua orang memakai kostum kerangka dengan membawa salib serta menabuh drum dan cymbal sambil berpawai. Prosesi ini akan berakhir dengan sang kerangka pembawa kotak abu yang melakukan tarian pada tengah malam sampai jam 3 dini hari. Tradisi ini rupanya tengah dilakukan sejak abad ke-15.

Baca juga : Keunikan Rumah Betang Suku Dayak Kalimantan

Las doce uvas de la buena suerte

Las doce uvas de la buena suerte

Las doce uvas de la buena suerte yang memiliki arti 12 anggur keburuntungan, merupakan sebuah tradisi pada tahun baru di Spanyol. Tepat di 12 detik sebelum jam 12 malam, orang-orang di sana akan memakan 1 buah anggur di setiap detik menjelang waktu yang menunjukan pukul 00.00 tepat.

Pernikahan unik ala Spanyol

Pernikahan unik ala Spanyol (FILEminimizer)

Tradisi pernihakan di Spanyol dilakukan di atss jam 7 malam. uniknya, pengantin pria akan memberikan 13 koin (arras) kepada pengantin wanita sebagai simbol dari komitmen untuk menghidupi keluarganya. Namun rupanya, kini tradisi tersebut berkembang, sehingga pasangan pengantin ini baik pria maupun wanita saling menukar koinj sebagai simbol bahwa kelak meraka akan berbagi satu sama lain.

Selain itu, dalam resepsi, pengantin akan mengunjungi meja para undangan satu persatu. Sang pengantin pria akan membawa rokok atau wine, sedangkan pengantin wanita akan membawa hadiah kecil. Dan ketika itulah, para tamu pun akan memberikan hadiah pernikahan kepada kedua mempelai.

Mengenal dan mengetahui tradisi unik yang ada di Spanyol ini, tentunya akan memberikan pengetahun lebih pada kita tentang tradisi yang ada di luar Indonesia.

  • Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

    Definisi dari sebuah festival umumnya adalah perayaan yang meriah dan menyenangkan. Berkumpulnya orang-orang dalam sebuah festival, menyemarakan acara tersebut dengan berbagai acara...

  • 7 Tradisi Miris Yang Dilakukan Pada Hewan

    Anda mungkin berpikir bahwa penyiksaan hewan-hewan hanya terjadi di daerah-daerah yang belum tersentuh peradaban. Namun jangan salah, banyak dari contoh negara-negara berkembang...

  • 5 Mitos Keliru Masyarakat Tentang Suku Dayak

    Suku Dayak, termasuk salah satu suku yang hampir dikenal oleh semua masyarakat Indonesia, bahkan kepopulerannya telah sampai ke luar negeri. Mengenai suku...

  • Intip Tradisi “Seker Bayrami” Perayaan Idul Fitri di Turki Semakin Manis

    Siapa sih yang tidak mengenal negara Turki ? Negara indah yang terletak di perbatasan Asia-Eropa ini memiliki tradisi unik dalam merayakan Idul...