Jan 9 2017

Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Berbagai Negara (Part 2)

Tahun lalu, saat perayaan tahun baru 2016, Budaya Ijo Muda telah update artikel tentang Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik Di Berbagai Negara. Namun dalam artikel tersebut, kurang lengkap dan memang tidak mencakup secara keseluruhan negara-negara di dunia. Dan kali ini, kami akan kembali membahas tentang tradisi perayaan tahun baru dari berbagai negara, yang sebelumnya tidak sempat kami post untuk Anda.

Langsung saja, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Berbagai Negara

1. Belarusia.

Perayaan tahun baru di Belarusia, memiliki tradisi yang bisa dibilang unik. Anak-anak muda lajang wanita dari negara tersebut merayakannya dengan melakukan prediksi tentang siapa wanita yang pertama kali akan menikah di tahun baru. Uniknya, prediksi tersebut dibantu dengan menggunakan seekor ayam jantan. Di depan para wanita lajang tadi, sebelumnya sudah disediakan setumpuk jagung. Setelah kemudian mereka melepaskan ayam jantan di tengah-tengah mereka, dan melihat jagung mana yang akan dihampiri dan dimakan ayam, maka wanita tersebut lah yang kemudian akan menikah di tahun baru tersebut.

2. Jepang.

Perayaan tahun baru di berbagai dunia, pasti memiliki kebiasaan seperti melakukan hitung mundur pada saat-saat pergantian tahun tiba. Namun di Jepang, tradisi unik yang satu ini disebut sebuah tradisi dan ditanamakan Joya No Kane. Tradisi Joya No Kane ini berarti membunyikan lonceng di kuil-kuil selama 108 kali, menjelang pergantian tahun baru. Lalu, mengapa harus dilakukan sebanyak itu? Hal ini karena ternyata, 108 memiliki makna sebagai memurnikan pikiran dan jiwa, setelah menjalani hari-hari di yang akan datang.

3. Rusia.

Tahun baru berarti semangat dan harapan baru untuk semua harapan yang dibuat oleh seluruh umat manusia di dunia. Di Rusia sendiri, perayaan tahun baru mereka juga berjalan dengan unik. Mereka biasanya akan bersama-sama menuliskan apa yang menjadi harapan mereka di tahun yang akan datang pada selembar kertas untuk kemudian membakarnya dan memasukannya pada segelas sampagne. Pada saat waktu tepat menunjukkan 00.01, mereka semua akan meminum sampagne dengan kertas yang terbakar dan sudah larut bersama minuman tersebut.

4. Ekuador.

Tradisi perayaan tahun baru lainnya berasal dari Ekuador. Negara yang berada di Amerika Selatan bagian barat laut memiliki kebiasaan dalam membuat figur seperti “orang-orangan” yang akan dibakar setiap tahunnya. Figur tersebut dibuat dengan beragam profesi, seperti artis, politikus, tokoh budaya dll. Figur orang-orangan yang berbentuk patung ini terbuat dari sekumpulan kertas, kardus, jerami, kain bekas, tanah, dan daun. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol ‘pembersihan’ selama dua belas bulan yang telah terlewati.

5. Puerto Rico.

Dalam perayaan tahun baru, orang-orang di Puerto Rico terbiasa melakukan tradisi yang dirayakan setiap tanggal 31 Desember. Tradisi dalam menyambut tahun baru ini cukup unik, mereka biasanya melakukan bersih-bersih bersama terlebih dahulu seperti membersihkan perabot rumah, halaman, mencuci mobil, menyapu jalanan sekitar dll. Setelah waktu pergantian tahun segera tiba, semuanya kemudian bersama-sama akan mengisi pot atau wadah dengan air. Lalu kemudian mereka menyiramkan air tersebut di depan pintu rumah masing-masing.

Unik-unik ya? Ternyata perayaan dari tahun baru dari negara-negara tersebut masih bisa dibilang cukup positif dan baik. Selain melakukan beberapa pembersihan di lingkungan, membuat harapan bersama-sama, melakukan perayaan tahun baru dengan tertib menjadi salah satu poin penting yang wajib ditiru. Semoga bermanfaat, salam budaya!

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...