Nov 18 2016

Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik

Mengenal tentang suku serta budaya di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Di setiap provinsi yang terdapat di Indonesia, memiliki keunikan tersendiri dan keragaman dalam adat dan budaya yang dianut oleh tiap-tiap masyarakatnya.

Salah satunya adalah keragaman dalam budaya yang dimiliki oleh salah satu suku di Indonesia, tepatnya di Sumatera Barat, yaitu suku Mentawai.

Salah satu tradisi dari kebudayaan yang dianut oleh masyarakat suku Mentawai, adalah tarian-tariannya. Tarian suku Mentawai bukan hanya sekedar tarian, tapi yang dilakukan oleh suku Mentawai kabarnya memiliki unsur kaitan dengan hal-hal magis dengan makna yang unik. Dan tidak hanya satu tarian saja, namun di beberapa tarian jenis lain pun juga sama. Dan berikut ini adalah 3 jenis Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik.

Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik

Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik
1. Turuk Uliat Manyang.

Termasuk tarian yang menggambarkan elang mencari ikan. Diceritakan dalam tarian ini ada 2 ekor burung elang yang saling berebut ikan. Lalu timbulah perkelahian namun tidak sampai menimbulkan korban. Kedua elang tersebut akhirnya saling membagi rata ikan yang ada di hadapan mereka. Filosofi tarian ini menyampaikan bahwa dalam perseteruan dan pertengkaran tidak akan dapat menyelesaikan masalah, jadi lebih baik berdamai saja.

2. Turuk Uliat Bilou.

Adalah jenis tarian yang disebut juga sebagai tarian monyet. Tari ini menceritakan tentang monyet dan kawanannya yang selalu bergembira ria, bernyanyi senang pada saat cuaca scerah. Dalam tarian ini melibatkan 2-3 penari, dan dibantu 3 pemusik yang menabuh gendang untuk mengiringi tarian ini.

Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik
3. Turuk Pokpok

Tarian yang ketiga dari suku Mentawai adalah Turuk Pokpok. Tarian ini masih menggambarkan kegembiraan pada saat datangnya pesta atau punen. Umumnya tarian ini dilakukan oleh kaum wanita, atau ibu-ibu dengan cara menepuk-nepuk pinggul sebelah kanan dan kiri, sambil sesekali menghentakan kaki.

Baca juga : Ritual Pertarungan Unik Dalam Sarung Ala Suku Bugis

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...