Feb 27 2016

Tarian Samba Jadi Simbol Budaya Brazil

tarian samba (FILEminimizer)

Budaya Luar | Brazil, salah satu negara di bagian benua Amerika ini selalu menjadi pusat perhatian kala bersangkutan dengan masalah sepak bola, karena banyak para pemain ternama yang berasal dari negara tersebut. Namun yang kali ini admin bahas bukan masalah sepak bolanya, tapi masalah budaya yang melekat di negara tersebut. Dan yang paling dikenal dari Brazil, ya apa lagi kalau bukan Tarian Samba.

Tarian samba ini merupakan tarian khas Brazil dengan genre musik yang berakar dari Afrika, namun diakui oleh dunia sebagai simbol dari Brazil dan salah satu ikon penting dalam Karnaval Brazil. Bahkan UNESCO telah mengakui tarian samba, Samba de Roda (tari lingkaran) ini sebagai warisan budaya dunia dari Brazil di bidang kemanusiaan pada tahun 2005.

Tarian Sama ini dikemas dalam berbagai tarian, musik, juga kostum. Para pesertanya melakukan parade dalam karnaval Brazil sepanjang jalan atau juga di Samba drome (tempat pertunjukan samba). Selain itu, setidaknya ada 200 sekolah tarian samba di Rio De Jeneiro yang ikut berpartisipasi dalam festival Brazil atau Carnaval Rio de jeneiro.

Baca juga : Tradisi Masyarakat Maluku Yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Secara tradisionalnya, samba ini dimainkan dengan senar (cavaquinho dan berbagai jenis gitar) serta berbagai instrumen perkusi, misalnya tamborin. Namun kini dengan pengaruh orkestra Amerika semenjak Perang Dunia ke-2 serta dampak dari budaya musik Amerika pasca perang, mulailah digunakan instrumen tiup, misalnya terompet, trombon, klarinet, choro, dan flute.

Tarian samba ini bisa dilakukan secara individu, yang artinya tak harus ada pasangan seperti tarian tango atau salsa. Tarian samba juga disebut sebagai tarian yang menonjolkan aura keseksian dan katanya dapat membakar kalori tubuh lebih mudah. Gerakan tarian samba yang cepat, akan membuat seluruh tubuh bergerak sehingga meningkatkan detak jantung pula. Dengan melakukan tarian samba selama 1 jam, sama dengan membakar kalori sebanyak saat berenang. Wow, selain menyenangkan, tarian samba juga menyehatkan yah. 🙂

Semoga tarian samba ini bisa terus berkembang sehingga tak hilang oleh perkembangan zaman.