Jan 21 2017

Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan seperti itu, Memang tidak bisa dipungkiri jika suku penghuni pulau Borneo ini sangar dan luar biasa. Dalam sejarah bahkan telah terbkti jika tangis pada serdadu Belanda yang digasak habis oleh orang-orang suku Dayak tatkala mereka menjajah Kalimantan. Juga dengan rumor-rumor yang mengatakan kalah kesaktian dari suku Dayak yang melegenda juga membuat kesan bahwa suku Dayak adalah suku yang membuat takut siapapun yang berususan dengan mereka.

Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu
Sebenarnya ada beragam alasan mengapa suku Dayak ditakuti. Salah satu dari hal-hal yang disebutkan tadi adlaah karena senjata-senjata yang mereka miliki. Mungkin hanya mengetahui bahwa Mandau adalah senjata khas Dayak.. Namun tentu saja. senjata mereka tidak hanya satu macam. Ada senjata-senjata khusus lainnya yang mereka punya dan rata-rata sama menyeramkannya.

Dan berikut ini adalah Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu.

1. Sipet.

Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

Selain Mandau, senjata Dayak yang  juga dikenal sebagai senjata mematikan lainnya adalah Sumpit Dayak. Nama sebenarnya adalah Sipet atau dalam bahasa sehari-hari disebut Sumpit. Senjata ini berbentuk panjang dengan lubang di tengahnya. Seperti senapan, Sumpit ini dipakai untuk menembakkan jarum-jarum. Tenaga pelontar Sumpit memang hanya bermodalkan hembusan napas. Walaupun begitu, jangan sekali-kali diremehkan karena kecepatan jarum pelurunya bisa menyamai senapan. Belum lagi jarum-jarum tersebut sudah terlebih dahulu dibubuhi racun ganas yang membuat korbannya bakal tak bernapas dalam waktu yang relatif singkat. Sipet ini sangat akurat dan presisi ketika dipakai oleh si empunya. Jadi, jika ada orang-orang Dayak sudah membidik, maka kemungkinan melesetnya sangat kecil. Senjata ini pernah bikin tentara Belanda terkencing-kencing dalam arti sesungguhnya.

2. Lonjo.

Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu
Senjata lain dari suku Dayak lainnya yaitu Lonjo. Senjata ini bentuknya mirip dengan tombak. Tapi Lonjo ini jelas memiliki perbedaan. Kabarnya, kalau Lonjo ini bertuah. Ia memiliki semacam energi khas yang mampu membuat pemiliknya menjadi lebih kuat. Lonjo sendiri terbagi atas mata tombak dan juga gagangnya. Untuk gagang, biasanya memakai kayu-kayu khusus serta memiliki beberapa hiasan. Penggunaan Lonjo ini macam-macam, mulai dari berburu sampai berperang.

3. Dohong.

Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

Diantara keseluruhan senjata Dayak, Dohong mungkin adalah yang paling asing yang bahkan belum sama sekali kita ketahui. Alasannya tak lain karena senjata ini eksistensinya sudah langka. Padahal kalau melihat sejarah, Dohong lebih dulu dipakai sebelum Mandau dan yang lainnya.

Bentuk dari Dohong ini rupanya mirip dengan keris. Dasarnya adalah pisau biasa namun memiliki lekuk-lekuk unik. Dohong sekarang sudah menjadi semacam pusaka sehingga tidak dipakai untuk mendampingi aktivitas sehari-hari. Tapi, untuk acara-acara tertentu kadang Dohong dikeluarkan sebentar. Senjata ini juga kabarnya jika dijual akan sangat bernilai tinggi karena mengandung nilai sejarah yang luar biasa.

Semoga bermanfaat, salam Budaya Ijo Muda.

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Mengenal Nahua, Keturunan Aztec Yang Melekat Dengan Tradisi

    Selama ini kita mungkin hanya mengetahui bahwa bangsa Aztec merupakan kelompok suku dengan tradisi pengorbanan manusia. Suku Aztec yang berada di kawasan...