Dec 6 2016

Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

Jika kita menelusuri lebih dalam, Indonesia itu juga dikenal dalam sejarah kerajaan-kerajaan terdahulunya. Seperti halnya kehebatan dari kerajaan Majapahit, Sriwijaya dan kerajaan Samudra Pasai. Namun tidak banyak yang mengetahui tentang kerajaan-kerajaan lain yang mungkin karena kerajaan tersebut tidak terlalu mencakup kekuasaan besar seperti kerjaan lainnya. Salah satunya adalah Kerajaan Islam di Maluku yang bernama Gapi.

Sejarah berdirinya Kerajaan Gapi di kepulauan Maluku.

Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

Terbentunya kerajaan Gapi di pulai Ternate, dimulai saat kawasan tersebut cukup ramai didatangi oleh para pedagang maupun perompak. Untuk melindungi harta yang ada, parapenduduk disana melakukan suatu musyawarah untuk membentuk sebuah organisasi yang kuat dalam masalah perdagangan hingga para perompak-perompak tersebut dapat terusir dengan mudah.

Akhirnya dengan mengumpulkan 4 kampung besar yang memiliki kepala marga memutuskan untuk membuat sebuah kerajaan. Mereka kemudian sepakat untuk mengangkat seorang raja untuk pertama kalinya tepat pada tahun 1257. Raja tersebut benama Baab Mashur Malamo, yang memenuhi jabatannya sebagai seorang Raja hingga 20 tahun lamanya sebelum akhirnya pensium dan diteruskan oleh Jamin Qadrat. Dari sini, Kerajaan Gapi terus memiliki raja hingga raja terakhir bernama Haji Mudaffar Syah meninggal pada tahun 2015 silam.

Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

Seperti sistem dari kerajaan lainnya, Kerajaan Gapi juga memiliki wilayah kekuasaan. Namun wilayah kekuasaan dari Kerajaan Gapi memang tidak bisa dibandingkan dengan Kerajaan Majapahit. Kawasan yang menjadi wilayah kekuasaannya pun hanya terdiri dari sebagian daratan Sulawesi, wilayah Nusa Tenggara dan hampir di seluruh kawasan di kepulauan Maluku.

Dengan sistem pemerintahan Monarki kerajaan, Gapi terus berusaha untuk memperluas eksistensinya di kawasan timur Indonesia. Dalam catatan sejarah, diketahui sejak abad ke 16 lah kerajaan kemudian memasuki masa keemasan dan membuat Gapi mulai berkembang.

Ternyata yang membuat Gapi semakin unggul dalam perkembangan dan kekuasaannya tidka lain adalah sistem perdagangannya. Sejak dimulai kerajaan pada abad ke 13, kerajaan ini terus mendorong komoditas dagangannya dengan saudagar-saudagar dari kerajaan lain dan negeri lain. Perdagangan yang meliputi penjualan rempah-rempah pada masa itu sangatlah berharga. Ada begitu banyak jenis dari rempah-rempah dari kerajaan Gapi kerap diborong oleh pedagang dari seluruh dunia hingga akhirnya bangsa Eropa yang tahu datang untuk mulai membuat kekacauan di kawasan Maluku.

Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

Kerajaan Gapi yang berjuang melawan Portugal.

Karena Kerajaan Gapi yang mulai dikenal dan berkembang, maka ada saja halangan yang terjadi. Salah satunya adalah bangsa Portugal yang kemudian datang seenaknya dengan membawa pasukan. Kawasan negeri ini kemudian ditekan untuk mau menyerahkan atau menjual paksa rempah secara eksklusif kepada pihak Portugal yang ingin mengeruk keuntungan. Karena tidak tahan dengan perlakuan tersebut, akhirnya rakyat memutuskan untuk melakukan pengusiran dengan melakukan peperangan. Puncaknya dari kejadian ini terjadi di Ternate, pada tajun 1570. Saat itu, selama 5 tahun berturut-turut rakyat terus berjuang sampai akhirnya Portugal benar-benar meninggalkan kawasan mereka.

Jejak-jejak Kerajaan Gapi di zaman modern.

Setelah abad ke 16, akhirnya Kerajaan Gapi dengan sendirinya mengalami kemunduran secara signifikan. Masuknya Belanda ke negeri tersebut malah membuat pertahanan jadi semakin berkurang. Belanda yang mulai menguasai banyak sekali sektor membuat Raja yang berkuasa berada di bawah tekanan Belanda hingga pada awal abad ke-20 Sultan Haji Muhammad Usman Syah mulai melakukan pemberontakan. Sayangnya, dia berhasil diringkus Belanda dan dibuang ke Bandung.

Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

Semenjak itu, kerajaan kemudian tidak memiliki kekuasaannya lagi dan walaupun masih memiliki raja, raja yang telah dipilih oleh raja sebelumnya sudah tiada. Saat ini kerajaan Gapi atau Kesultanan Ternate, telah menjadi simbol kebudayaan juga bukti kehebatan kerajaan Islam kecil di Timur Indonesia yang terus bertahan bahkan setelah Majapahit hancur dan akhirnya menjadi Demak.

Baca juga : Pesta Reba, Menyambut Tahun Baru Bersama di NTT

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...