Jun 21 2016

Ritual Mengerikan Masyarakat India Yang Masih Dilakukan

India termasuk salah satu negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua setelah China. Selain itu perekonomian di negara tersebut juga menjadi nomor urut ke 4 di dunia karena terkenal dengan ‘Bollywood’ nya. Dengan jumlah yang sangat banyak hingga populasi mencapai 1 miliar jiwa, India menjadi salah satu negara yang memiliki ritual-ritual keagaam yang unik, dan beberapa diantaranya tidak akan pernah bisa Anda bayangkan karena mungkin Anda akan merasa ‘ngeri’ saat mendenagrnya.

Ritual Mengerikan Masyarakat India Yang Masih Dilakukan

Kali ini pada situs Budaya Ijo Muda, akan membahas beberapa ritual yang mengerikan, yang masih dilakukan oleh masyarakat India. Diantaranya adalah :

  • Ritual berjalan di atas bara.

Sepertinya Anda sudah pernah mendengar tentang ritual ini. Dulu, di film-film India sering diperlihatkan adegan berjalan di atas bara api. Namun ternyata, hal ini benar-benar terjadi di India. Ritual berjalan di atas bara api uni dilakukan dalam festival Theemithi. Festival ini dirayakan oleh masyarakat India tepatnya bagian selatan. Orang-orang dewasa akan berjalan santai diatas bara api yang menyala-nyala. Hal ini dilakukan untuk menghormati dewi Hindu yakni Draupati Amman.

  • Ritual bertarung dengan Banteng.

Pertempuran dengan Banteng di India, oleh masyarakatnya dikenal dengan sebutan Jallikattu. Ketika dilaksanakan Jallikattu ini, seorang lai-laki yang tidak menggunakan senjata apapun akan mewalan Banteng yang dianggap suci, Ritual Jallikattu dilakukan saat masa panen sebagai bentuk rasa syukur masyarakat pada dewa-dewa. Uniknya, Jallikattu juga telah ditetapkan sebagai salah satu olahraga berbahaya di dunia. Pertempuran yang dilakukan tersebut dianggap sebagai bentuk kemuliaan seseorang juga ajang untuk memperebutkan hadiah.

  • Ritual lempar bayi dari Candi.

Mendengar namanya saja sudah ngeri, namun ritual ini tidak seperti yang Anda pikirkan. Beberapa bayi memang dilempar dari atas candi dengan ketinggian 60 meter, tapi dibawahnya orang-orang sudah membentangkan kain untuk menangkap bayu agar tidak langsung jatuh ke tanah. Ritual ini bertujuan sebagai perwujudan bahwa nantinya orangtua si bayi bisa menjadi pasangan yang diberkati. Dengan melakukan ini terhadap bayi-bayi tersebut juga dimaksudkan untuk keberuntungan dalam keluarga dan selalu diberikan kesehatan. Tapi tetap saja ya, ini terlihat tidak manusiawi, maka dari itu sekarang ini pemerintah India sedang mempersiapkan peraturan untuk melarang ritual tersebut.

  • Ritual menyakiti diri sendiri.

Ritual keempat di India yang mengerikan lainnya adalah dengan menyakiti diri. Ritual tersebut dilakukan pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam. Bulan ini adalah saatnya ritual untuk memperingati pertempuran Karbala, yaitu saat Hussein bin Ali terbunuh.Dalam peperangan ini, 72 orang prajurit tewas. Masyarakat muslim Syiah di India dan juga negara-ngeara seperti Pakistan dan Bangladesh berkabung, mereka kemudian memperingati hari penting tersebut dengan mencambukki tubuh telanjang mereka sendiri dengan rantai yang dilengkapi dengan pisau tajam atau disebut juga ‘matan’.

  • Ritual membakar diri bagi janda yang telah ditinggal mati.

Ritual yang terakhir adalah ritual membakar diri oleh seorang perempuan yang ditinggal mati oleh suaminya. Ritual tersebut sudah dilakukan sejak abad ke 17 silam. Ritual yang di beri nama Sati ini juga filakukan dengan suka rela, membakar hidup-hidup disamping mayat suaminya. Jika janda tersebut melarikan diri dari ritual ini, maka hukuman sosial yang akan dialami akan sangat berat.

Baca juga : 5 Kitab Kuno Bersejarah Warisan Budaya Indonesia

Itu dia kelima ritual yang mengerikan dari masyarakat India. Anda tidak boleh mengikuti ritual tersebut karena sangat-sangat berbahaya. Ingat, mereka melakukan hal tersebut karena sudah berdasarkan tradisi, dan syukurlah saat ini pemerintahannya sedang dalam proses untuk menghentikan tradisi-tradisi yang membahayakan tersebut.

Semoga bemranfaat!

Ritual Mengerikan Masyarakat India Yang Masih Dilakukan |

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...