Dec 1 2016

Rambut Bak Rapunzel Wanita Etnis Yao di Huangluo Village

Anda pasti tau kalau rambut bagi wanita adalah sebuah mahkota, dan jika wanita tersebut sudah cantik dan punya rambut bagus, maka kecantikannya berkali lipat. Makanya di era sekarang ini banyak dari wanita yang sangat peduli dengan kesehatan dan penampilan dari rambutnya.

Eits, tapi tunggu dulu. Berbicara tentang rambut ada hal unik nih bagi para wanita yang berasal dari etnis Yao, salah satu etnis di Huanglao Village, Tingkok. Para kaum wanita desa ini memiliki semacam trend rambut sendiri, yang jarang ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah kebiasaan memanjangkan rambut seperti Rapunzel si gadis dengan rambut yang sangat panjang.

Rambut Bak Rapunzel Wanita Etnis Yao di Huangluo Village
Desa Huangluo di China ini sama dengan desa-desa lainnya di dunia yang memiliki tradisi dan budaya unik. Salah satunya adalah tradisi untuk memanjangkan rambut. Bahkan tradisi penduduk Huangluo ini sudah mendapatkan gelar dari Guinness Book of Record sebagai ‘Desa dengan Wanita Berambut Terpanjang di Dunia’.

Rambut Bak Rapunzel Wanita Etnis Yao di Huangluo Village

Di desa ini, semua wanitanya memiliki rambut panjang seperti halnya Rapunzel. Dari 120 wanita, rata-rata wanita Huangluo memiliki panjang rambut hingga 1,7 meter. Sedangkan yang terpanjang bisa sampai 2,1 meter yang artinya, rambut mereka bisa lebih panjang dibandingkan dengan tinggi badan mereka sendiri.

Ketika tiba musim panas dan musim gugur, biasanya para wanita akan keluar menuju sungai untuk bersama-sama mencuci rambut mereka. Setelah itu, mereka akan kembali dengan menutup rambut yang telah dikeringkan dengan syal biru. Uniknya lagi, para wanita dengan rambut panjang ini hanya akan memperlihatkan rambut panjangnya hanya pada suaminya, dan tidak pada orang lain.

Rambut Bak Rapunzel Wanita Etnis Yao di Huangluo Village
Jika secara tidak sengaja ada orang lain atau wisatawan asing melihat rambut dari wanita Huangluo, maka orang tersebut diharuskan untuk menetap selama 3 tahun tinggal dengan wanita yang rambutnya terlihat. Hal ini dilakukan sebagai tradisi dan hukuman. Namun sejak 1987, tradisi ini sudah dihilangkan dan kini para wanita Yao dapat menunjukkan sendiri dan menyisir rambut panjang mereka dengan bangga di depan umum tanpa khawatir dengan hukuman.

Apakah mereka pernah memotong rambut panjangnya walaupun hanya sekali? Jawabannya ternyata ya, mereka juga memotongnya namun benar-benar hanya sekali di lakukan seumur hidup. Setelah dilakukan pemotongan untuk rambut, barulah mereka diperbolehkan untuk mencari kekasih. Yang unik dari rambut yang telah dipotong ini, tidak boleh dibuang. Melainkan memberikannya pada neneknya untuk dibuat hiasan yang akan dibentuk sedemikian rupa dengan teknik yang cukup rumit, untuk mewakili status sosial masing-masing.

Rambut Bak Rapunzel Wanita Etnis Yao di Huangluo Village
Perbedaan yang dapat terlihat dari keunikan rambut wanita Etnis Yao ini adalah ketika mereka melilitkan rambut di kepalanya. Ada beberapa perbedaan, jika rambut hanya melilit kepalanya, maka wanita tersebut sudah menikah dan memiliki anak. Apabila masih dibungkus menggunakan tudung atau syal, maka dia masih dalam tahap mencari kekasih.

Dalam perawatan rambut panjang yang mereka miliki, biasanya mereka hanya menggunakan bahan alami yaitu air beras. Benar-benar unik ya?

Baca juga : Mitos Bersiul Dari Berbagai Negara Di Dunia

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...