Dec 5 2016

Pesta Reba, Menyambut Tahun Baru Bersama di NTT

Seperti yang sering kita bilang bahwa Indonesia kaya sekali akan budaya dan adat istiadat, salah satunya yaitu pesta rakyat yang diadakan untuk menyambut Tahun Bari di NTT yang dinamakan dengan Pesta reba. Pesta Reba menjadi acara wajib tahunan suku Ngada yang sudah tersohor namanya, biasanya pesta Reba ini berlangsung di awal Desember-Februari selama 3-4 hari.

pesta-rebaSama hal nya dengan upacara adat lainnya, Pesta Reba bertujuan untuk melakukan penghormatan dan ucapan terima kasih terhadap jasa para leluhur. Pesta Reba biasanya diadakan bergilirian di beberapa kecamatan seperti Aimere, Bajawa, Mataloko, Jerebu’u dan So’a sesuai siapa yang terpilih menjadi tuan rumah.

Acara Pesta Reba ini biasanya diawali dengan upacara pembukaan Reba (Su’i uwi), lalu malam nya diadakan acara makan dan minum bersama sampai menunggu pagi. Biasanya makanan yang menjadi hidangan utamanya yaitu ubi, dimana ubi merupakan sumber makanan yang tidak akan habis disediakan oleh bumi.

Tak hanya menghormati para leluhur dan masyarakat, Pesta Reba juga memiliki makna untuk memperingati dan menghidupi ajaran pokok kehidupan, penetapan alat pendukung hak dan kewajiban yang bertalian erat dengan ruma, tanah, silsilah serta hak dan kewajiban atas harta warisan.

Bisa dikatakan bahwa pesta Reba merupakan pesta open house se-kampung dimana semua rumah akan menyediakan makanan dan minuman dan membebaskan siapa saja untuk datang dan makan bersama dalam suka cita. Selama pesta Reba berlangsung biasanya dapur akan terus mengebul dan masakan harus tetap ada untuk para tamu. Dan terdapat beberapa pantangan salah satunya yaitu tidak boleh menolak ajakan makan jika diundang oleh tuan rumah.

Selanjutnya saat ketika makan dan minum bersama biasanya diiringi dengan menari dan bernyanyi bersama dalam satu lingkaran besar baik itu tua-muda, besar kecil bersatu dalam hentakan kaki dan lirik lagu yang mengungkapkan rasa syukur dan gembira. Pesta Reba juga merupakan kesempatan utnuk merayakan kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan.

Baca Juga : 10 Pakaian Adat Masyarakat Indonesia Zaman Dulu

Bagaimana sangat seru bukan pesta Reba ? Nantikan artikel budaya ijomuda lainnya. SEMOGA BERMANFAAT

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...