Aug 26 2016

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

Berdasarkan cerita masyarakat Jawa dulu, dikenalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu dari 9 wali, penyebar ajaran agama Islam lewat seni pewayangan, tepatnya wayang kulit yang beliau pertunjukkan untuk masyarakat kala itu. Dalam cerita wayang kulit yang disampaikan oleh beliau, sang Sunan sedikit demi sedikit menyisipkan petuah dan ajaran-ajaran Islam untuk menarik perhatian masyarakat terhadap agama yang dibawanya.

Salah satu karakter pewayangan yang sering dibawakan oleh Sunan Kalijaga adalah “Punakawan“. Nama dari Punakawan itu sendiri berasal dari kata “Puna” yang berarti susah, dan “Kawan” yang adalah teman. Makna dari Punakawan sendiri dianrtikan sebagai teman di kala susah. Selain itu penafsiran lainnya adalah “Pana” dan “Kawan“, Pana untuk terang, dan Kawan untuk teman, maksudnya teman untuk menuju jalan yang terang.

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

Punakawan diceritakan terdiri dari 4 tokoh, yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Sunan Kalijaga membuat keempat karakter ini dan menggambarkan masing-masing sifatnya seperti pernggambaran manusia dalam segala kelebihan juga kekurangannya. Namun, Anda juga patut mengetahui bahwa pada keempat tokoh tersebut, tersembunyi sebuah makna pada tiap-tiap karakternya. Dan berikut penjelasannya.

1. Karakter Semar.

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

Karakter Semar merupakan pusat dari keseluruhan karakter Punakawan dan menjadi asal muasal munculnya Punakawan tersebut. Nama Semar sendiri berasal dari kata “Samara“, yang berarti bergegeas. Pada cerita yang dimainkan Sunan Kalijaga, Semar merupakan karakter yang disegani oleh siapapun, baik kawannya bahkan lawannya sendiri. Hal ini tergambarkan dari cerita bahwa Semar menjadi sebuah rujukan untuk para kesatria yang hendak meminta nasehat, juga petunjuk dalam peperangan.

Watak dari karakter Semar ini adalah rendah hati, jujur dalam berbicara, tidak menyombongkan diri serta suka mengasihi sesama. Ia juga digambarkan memiliki kelebihan yang tidak membuatnya lupa diri. Dalam pewayangan disebutkan jika Semar adalah tokoh teladan serta panutan. Jari telunjuknya yang menuding ke bawah merupakan gambaran bahwa setiap karsa atau keinginan yang kuat untuk menciptakan sesuatu. Mata kecilnya dilambangkan sebagai ketelitian dan keseriusan dalam hal apapun.

2. Karakter Gareng.

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

Yang kedua adalah karakter Gareng. Gareng yang ternyata adalah anak dari karakter Semar, memiliki arti nama sebagai pujaan, atau didapatkannya dengan cara memuja. Nama “Nala Gareng” berasal dari kata “Nala Khairan” yang artinya memperoleh kebaikan. Karakter Gareng memiliki kebiasaan setiap yang dikatakannya terkadang menjadi serba salah. Itulah yang menjadikannya sebagai tokoh yang sangat lucu dan menggelikan sehingga membuat orang-orang terhibur.

Sayangnya dalam karakter Punakawan, Gareng ini digambarkan memiliki kecatatan pada matanya yang juling, tangan cacat dan kaki pincang. Namun, hal ini juga sebenernya memiliki makna. Mata juling digambarkan sebagai manusia yang harus memahami realitas keidupan yang terkadang tidak seperti yang kita inginkan. Tangan cacat digambarkan sebagai manusia memang bisa berusaha untuk semaksimal mungkin, namun hasil yang menentukan adalah Tuhan. Kaki pincang berarti gambaran manusia bahwa mereka harus benar-benar berhati-hati dalam kehidupan. Filosopi sekali ya?

3. Karakter Petruk.

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan
Karakter Petruk diceritakan sebagai anak kedua dari Semar yang berarti adik dari Gareng. Petruk berasal dari kata “Fat Ruk” yang artinya tinggalkanlah. Pada pewayangan, karakter Petruk digambarkan sebagai tokoh yang cerdas dan nakal.  Namun ternyata Petruk juga digambarkan sebagai tokoh yang memiliki wajah manis, senyuman menarik hati, pandai berbicara dan juga lucu. Dengan lawakan-lawakan yang selalu dilontarkannya, Petruk ini terkadang suka menyindir dengan segala ketidakbenaran yang terjadi di sekitarnya.

Karakter Petruk digambarkan dengan ciri fisik tangan dan kaki yang panjang, perawakan tubuhnya tinggi dan langsing juga hidung mancung. Hal ini diartikan sebagai simbol manusia yang memiliki pikiran panjang, tidak sekedar gegabah dan harus sabar.

4. Karakter Bagong.

Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

Karakter terakhir dalam Punakawan adalah Bagong. Bagong merupakan anak bungsu dari Semar. Nama Bagong berasal dari kata “Al ba gho ya” yang berarti perkara buruk. Dalam Punakawan diceritakan jika Bagong adalah karakter yang diciptakan dari bayangan Semar. Maka dari itu Bagong tumbuh dengan tubuh tambun seperti Semar. Walaupun begitu, Bagong tumbuh dengan kedua saudaranya dan sangat suka bercanda dan melucu. Bagong juga memiliki sifat lancang dan terkadang berlagak bodoh.

Pada karakter Bagong dalam cerita tersebut, digambarkan sebagai bagaimana manusia sesungguhnya. Meski Petruk memiliki kelebihan dan keindahan juga kesempurnaan, justru Bagong-lah yang memiliki sifat kekurangan. Layaknya manusia yang memiliki kelebihan dan kekurangan, menjadikan Bagong dianggap sebagai penggambaran manusia sesungguhnya. Selain itu, Bagong juga bersifat sederhana, sabar, tidak terlalu kagum dengan kehidupan dunia. Suatu sifat yang harusnya dimiliki oleh manusia sebagaimana mestinya.

Demilianlah artikel yang terbiat hari ini tentang Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan. Secara keseluruhan, dengan karakter-karakter wayang yang dimainkan oleh Sunan Kalijaga mengajarkan kita tentang bagaimana harusnya kita bersikap dan bersifat sebagai manusia sesungguhnya, yang tetap berusaha, tidak serakah, selalu bersukur kepada yang Maha Kuasa.

Baca juga : Keunikan “Ki Lengser” dalam Tradisi Mapag Panganten Khas Sunda

Posted by : Budaya Ijo Muda

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...