Feb 6 2016

Perayaan Tahun Baru Imlek Dengan Tradisi-tradisi Unik Ini

tradisi imlek

Budaya Asia | Menginjak bulan Februari ini, masyarakat tiong hoa disibukkan dengan beberapa persiapan untuk menyambut tradisi pergantian tahun etnis nya, Imlek. Bahkan katanya, masyarakat tiong hoa dengan agama apapun turut serta dalam merayakan imlek ini.

Imlek ini berasal dari Tiongkok yang jatuh pada setiap bulan Februari atau di waktu musim semi telah datang. Dulunya, negeri Tiongkok ini merupakan negara agraris dengan kehidupan masyarakat yang bercocok tanam, dan memulai panen nya saat musim dingin telah berlalu, yakni ketika musim semi datang dengan cuaca serah dengan bunga yang bermekaran. Rasa bahagia masyarakat saat musim semi dan panen tiba, mereka saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai yang berarti selamat serta semoga banyak rezeki.

Budaya ini kemudian menyebar luas ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia yang dibawa oleh para penduduk Tiongkok yang merantau ke Indonesia.

Dalam perayaan Imlek ini, tentu ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat tiong hoa. Dan berikut ini adalah tradisi perayaan imlek yang unik, di antaranya :

membersihkan rumah (FILEminimizer)

Membersihkan rumah

Saat menjelang Imlek, masyarakat tiong hoa akan membersihkan rumah mereka masing-masing dengan dalih kotoran dianggap sebagai suatu simbol kesialan, selain kotor itu memang pada dasarnya tak enak dipandang mata. Namun, jika hari Imlek itu telah tiba, masyarakat dilarang menyapu atau membersihkan rumah mereka karena dipercaya dapat mengusir keburuntungan.

Warna merah menjadi hal yang wajib

Menurut kepercayaan masyarakat tiong hoa, saat musim semi yang tepatnya tahun baru Imlek, ada sejenis makhluk buas dari gunung atau laut yang keluar bernaam nian. Nian ini dipercaya dapat mengganggu manusia, namun katanya ia sangat takut dengan warna merah. Oleh sebab itu, masyarakat tiong hoa menghias rumah, memakain pakain, serta memberikan aksesoris berwarna merah untuk mengusir gangguan tersebut.

Mengunjungi keluarga besar

Seperti pada perayaan-perayaan lainnya, mengunjungi keluarga besar atau pulang kampung menjadi tradisi yang tak bisa ditinggalkan untuk mempererat tali persaudaraan.

angpao imlek

Angpao (amplop merah)

Tradisi ini memiliki kesamaan dengan tradisi di Hari haya lebaran idul fitri. Bagi para orang tua atau mereka yang sudah menikah, wajib memberikan angpao pada anak-anak yang belum menikah dengan jumlah uang yang tidak harus besar, namun harus dengan uang kertas baru bukan logam. Tradisi ini juga dipercaya dapat memperlancar rezeki kita di kemudian hari.

Baca juga : Tradisi Memenggal Kepala Manusia Suku Naulu Yang Menggegerkan

Mempersiapkan makanan

Saat perayaan Imlek, kue keranjang, jeruk, mie untuk melambangkan umur panjang, kue bulat berbentuk uang logam untuk melambangkan kekayaan, serta penyajian makanan di atas nampak berbentuk segi 6 atau 8 atau juga bulat menjadi tradisi yang harus disipkan. Namun satu hal yang menjadi perhatian adalah, masyarakat tidak boleh makan bubur, karena melambangkan kemiskinan.

Kembang api

Pertunjukan kembang api menjadi salah satu hal yang populer dalam perayaan Imlek. Hal ini dikarenakan suara gaduh kembang api dipercaya dapat membuat makhluk kahat ketakutan dan tidak menghampiri mereka yang sedang merayakan Imlek.

Dilarang membalikan ikan saat memakannya

Ketika sedang memakan ikan, biasanya kita akan membalikan ikan tersebut untuk mengambil daging di bagian bawahnya, namun rupanya hal ini dilarang saat tahun baru Imlek. Bahkan mereka harus menyisakan ikan tersebut agar bisa dimakan di esok harinya. Hal ini dipercaya sebagai lambang atau surplus di tahun yang akan datang.

Selain tradisi-tradisi tersebut, hujan yang turun sepanjang perayaan Imlek dipercaya dengan banyaknya rezeki yang datang saat itu. Namun tetap saja, sama sperti hari raya yang lain, memberihkan hati dan jiwa menjadi hal utama untuk menyambut tahun baru yang lebih baik.

  • Kemiripan Orang Sunda Dengan Orang Korea, Kamu Wajib Tahu

    Seperti yang kita ketahui orang Korea dikenal memiliki paras yang cantik dan tampan walaupun banyak isu yang beredar akibat operasi plastik. Namun...

  • Indahnya Seni Lukis Henna pada Upacara Mehndi di India

    Berbicara tentang India tentunya sebagian orang Indonesia pasti menginginkan pergi ke negara tersebut. Hal ini dikarenakan budayanya yang cukup menarik perhatian dunia....

  • Dibalik Kemeriahan Budaya ‘Color Run’

    Sebenarnya budaya Color Run sendiri booming di Indonesia tahun 2015 lalu, tapi tidak ada salahnya untuk kita mengetahui apa sih ‘Color Run’...

  • Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang

    Apa yang kalian tau tentang ‘Geisha‘? Nah jika Anda familiar dengan budaya Jepang, pasti tau tentang Geisha. Atau mungkin Anda juga pernah...