Apr 9 2016

Pengaruh Penjajahan Belanda dan Portugis Terhadap Budaya Indonesia

Rakyat Indonesia mengalami penjajahan yang cukup panjang oleh Belanda dan Portugis sejak abad ke 16-19. Pada saat itu Negara Indonesia belum berdiri dan masih berbentuk ke dalam ‘proto’ atau kerajaan-kerajaan di zaman perdaganan nusantara.  Menurut Koentjaraningrat, pengaruh budaya barat masuk ke Indonesia diawali oleh perdangan Portugis pertama pada tahun 1511. Pada saat itu Portugis mampu mengendalikan aspek-aspek penting kehidupan masyarakat di sana.

Sedangkan menurut Bernart H.M Vlekke Belanda mampu menimbulkan perubahan struktur sosial serta ekonomi Orang Indonesia. Misalnya di Jawa, Maluku dan Sulawesi utara berkembang pelapisan sosial. Misalnya saja Lapisan pertama kaum buruh yang meninggalkan budaya tani untuk menjadi pelayan rumah tangga bangsa Eropa, tukang atau buruh industri. Lapisan kedua, kaum pegawai yang bekerja di belakang meja tulis harus menempuh pendidikan Belanda terlebih dahulu. Lapisan ketiga yaitu kegiatan dagang di bidang yang belum di garap pengusaha Cina speerti roko kretek, batik, tenun ataupun kerajinan tangan.

Pengaruh Penjajahan Belanda dan Portugis dalam Budaya Indonesia

pengaruh belanda dan portugis

  • Pendidikan, salah satu bentuk nyata pengaruh Belanda dalam dunia pendidikan yaitu adanya pendidikan formal. Ciri umum sistem pendidikan Belanda adalah pembagian jenjang pendidikan berdasarkan tahun, misalnya Sekolah Dasar 5-6 tahun dan Sekolah Lanjutan selama 3 tahun. Pada awalnya sistem pendidikan lokal pada umunya berupa pecantrikan, mandala, dan pesantren.
  • Budaya Indis, yaitu budaya campuran antara budaya Belanda dengan pribumi. Indis ini terus berkembang terutama di Pulau Jawa antara abah ke 18-abad ke 19. Kebudayaan indis terdiri dari 7 unsur yaitu bahasa, peralatan/perabotan, mata pencaharian dan sistem ekonomi, sistem kemasyarakatan, kesenian, ilmu pengetahuan dan religi.

pengaruh belanda dan portugis2

  • Rumah Tinggal, budaya yang dipengaruhi oleh Belanda lainnya yaitu rumah tinggal. Pada zaman penjajahan belanda, banyak kontruksi bangunan Belanda yang dipakai oleh keluarga-keluarga priyayi. Kontruksi bangunan Belanda ini biasanya menggunakan tanah dan material yang cukup mahal. Cirinya yaitu bangunan nya besar-besar, pilah besar dan tinggi di bagian depan dan hiasa bergaya Yunani-Romawi kuno.
  • Agama, Beralihnya penjajahan dari Portugis ke Belanda ternyata berpengaruh ke dalam pergerakan misionaris Katolik Portugis yang digantikan dengan Zending Protestan Belanda. Pengaruh Katolik Portugis hanya tersisa di Flores dan Timor, sedangkan Pengaruh Belanda di bidang agama tertama di daerah Sumatera Utara (tanah batak), Manado, Minahasa, Kepulauan Maluku, Papua serta Sulawesi tengah dan selatan.

pengaruh belanda dan portugis3

  • Kesenian, Tak hanya dibidang pendidikan, agama saja kesenian pun tak luput dari peninggalan budaya Belanda dan Portugis salah satunya peninggalan Portugis yaitu Keroncong, Tanjidor dan Ondel-Ondel. Dalam bahasa Portugis tanger artinya memaikan alat musik dan tangedor (tanjedor) yaitu memaikan alat musik dengan snar di luar ruangan.
  • Bahasa, Bahasa portugis ternyata mempengaruhi bahasa kita saja mulai dari biola (viola), meja (mesa), mentega (manteiga), pesiar (passear), pigura (figura), pita (fita), serdadu (soldado), cerutu (charuto), tolol (tolo), jendela (janela), algojo (algoz), bangku (banco), bantal (avental), bendera (bandeira), dan masih banyak lagi.

Baca juga : Pasar ‘Unik’ Yang Bikin Indonesia Menarik Luar Dalam!

Demikian lah Pengaruh Penjajahan Belanda dan Portugis terhadap Budaya Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

    Definisi dari sebuah festival umumnya adalah perayaan yang meriah dan menyenangkan. Berkumpulnya orang-orang dalam sebuah festival, menyemarakan acara tersebut dengan berbagai acara...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...