Jan 11 2017

Okipa, Ritual Menjadi Lelaki Sejati Ala Suku Indian

Bagi orang-orang yang memeluk suatu agama, menjalankan ritual dari keyakinan yang dianutnya merupakan suatu hal yang sangat penting. Bukan lagi sebagai kewajiban, tapi sudah termasuk sebuah kebutuhan. Makanya, kemudian adalah hal yang sangat wajar kalau dalam praktiknya, seseorang sangat maksimal ketika melakukan ritual peribadatannya. Terlepas apakah ritual itu sebenarnya menyakiti diri sendiri.

Ritual yang menyakiti diri sendiri ini terjadi di beberapa tempat, dan kelompok suku. Termasuk oleh orang-orang suku Indian Mandan melalui ritual mereka yang bernama Okipa. Ritual yang satu ini disebut-sebut sebagai ritual yang menyeramkan, pasalnya ritual ini dilakukan dengan cara yang bisa dibilang sadis bahkan di luar batas kewajaran. Okipa bagi suku Mandan merupakan hal penting. Selain membuat mereka lebih dekat dengan sang pencipta, ritual ini juga sebagai bukti kedewasaan. Lalu seperti apa ritual suku Indian yang disebut Okipa ini? Ini dia ulasan selengkapnya.

Okipa, Ritual Menjadi Lelaki Sejati Ala Suku Indian

— Aturan khusus pelaksanaan ritual Okipa.

Sama seperti halnya ritual keagamaan lain, Okipa memiliki aturan-aturan khusus dalam tata cara pelaksanaannya. Ritual ini secara umum hanya boleh diikuti oleh para pria saja. Wanita sama sekali dilarang untuk ikut. Bahkan melihat atau mengintip saja mereka tidak diperbolehkan untuk itu. Okipa sendiri merupakan ritual yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di dalam ruangan yang berbentuk gubuk-gubuk. Sedangkan untuk waktunya sendiri, lazimnya adalah pada saat musim panas. Ritual ini sendiri sudah ada sejak ratusan tahun.

— Awal ritual Okipa dilaksanakan.

Tak ada persiapan khusus dalam ritual Okipa terkecuali gubuk yang dijadikan tempat ritual, juga para pria-pria yang menjalaninya. Untuk para pria, sebelum melakukan ritual tersebut mereka diharuskan untuk melakukan puasa. Puasanya sendiri cukup ekstrim dan tidak semua orang sanggup untuk melakukannya.

Secara umum puasa yang dilakukan sama saja seperti tidak makan dan minum, hanya saja waktunya lebih lama yakni selama empat hari berturut-turut lalu juga dilarang untuk tidur. Puasa yang cukup berat untuk dilakukan. Tentu luar biasa sengsara, meskipun memang takkan pernah membunuh manusia. Setelah ritual puasa ini selesai, barulah para pria masuk ke sajian utama Okipa.

Okipa, Ritual Menjadi Lelaki Sejati Ala Suku Indian

— Acara inti dalam ritual Okipa membuat ngeri.

Ritual inti dari Okipa secara umum bisa dikatakan sebagai bunuh diri, serius. Bahkan jika boleh dibilang, bunuh diri yang biasanya mungkin takkan semenyakitkan Okipa. Jadi, setelah berpuasa selama empat hari, kemudian para pria akan dibawa ke gubuk yang sudah dipersiapkan, lalu digantung di sana untuk beberapa lama.

Cara menggantungnya sendiri sadis. Jadi mereka yang digantung, entah pada bagian tubuh tertentu di bagian depan atau belakang, kemudian dikaitkan dengan benda tajam berujung tali lalu kemudian di gantung di kayu-kayu penopang atap gubuk. Digantung dengan posisi seperti ini, tentu luar biasa sakit. Apalagi metode mengaitkannya semacam itu. Semakin lama, maka kulit akan berbunyi ‘krek’ pertanda mengalami sobek karena kait.

Okipa, Ritual Menjadi Lelaki Sejati Ala Suku Indian

— Menjalani Okipa wajib dengan wajah yang tersenyum.

Menginga Okipa merupakan ritual keagamaan, maka menjalaninya pun harus dengan ikhlas. Maka dari itu para tetua suku Mandan selalu mengingatkan para peserta Okipa untuk selalu tersenyum ketika menjalani ritual tersebut. Tersenyum saat prosesi puasanya sih mungkin masih masuk akal ya, tapi tentu tidak untuk bagian gantung dirinya. Tersenyum saat kulit disayat dalam dengan kait macam itu adalah tantangan tersendiri. Tujuan aturan tersebut sendiri adalah untuk menguji kekuatan mental dan spiritual para pelaku ritual. Sayangnya, tidak semuanya sanggup tersenyum. Beberapa bahkan ada juga sampai tak sadarkan diri.

— Sanggup bertahan dengan siksaan, untuk menjadi lelaki sejati.

Tak hanya sebagai tujuan keagamaan, Okipa secara khusus juga merupakan ujian kedewasaan. Saat para pria ini sukses bertahan sekian lama dengan siksaan maut itu, maka mereka akan diakui sebagai lelaki sejati. Biasanya, mereka juga bakal jadi kandidat ketua suku selanjutnya.

Namun, bagi mereka yang tidak sanggup bertahan maka sebutan pria sejati belum bisa didapatkan. Ia harus kembali melakukan ritual Okipa sampai selesai. Untungnya, bagi mereka yang tidak sanggup dengan derita ritual ini, maka tidak ada hukuman yang menanti. Tapi, sebagai gantinya, mereka harus ikut lagi di waktu berikutnya.

Okipa, Ritual Menjadi Lelaki Sejati Ala Suku Indian |

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...