Oct 18 2016

Negara Islam Ini Memberlakukan Hukuman Pancung Bagi Tahanannya

Di berbagai negara di dunia diantaranya masih memiliki kebudayaan dalam menerapkan hukuman pancung bagi para tahanannya. Ya, sebagian memang menganggap kalah hukuman tersebut pantas, tapi di negara-negara tertentu bahkan Indonesia, hukuman pancung nampaknya terlalu ekstrim dan pastinya akan menimbulkan kontroversi dari berbagai kalangan masyarakat.

Namun di beberapa bagian negara tertentu, tepatnya negara Islam yang mayoritas seluruh kependudukannya memeluk Islam, cara menghukum seperti ini sudah jadi hal biasa. Budaya pancung ini dilakukan karena alasan tertentu, bukan hanya sekedar menjatuhkan hukuman sekenanya.

Nah, berikut ini adalah 5 Negara Islam Ini Memberlakukan Hukuman Pancung Bagi Tahanannya, selengkapnya:

Negara Islam Ini Memberlakukan Hukuman Pancung Bagi Tahanannya

1. Arab Saudi.

Di Arab Saudi, hukuman paling mengerikan di dunia ini biasa terjadi. Bahkan banyak lembaga Internasional yang melakukan protes keras terhadap perlakuan hukuman yang diberlakukan di negara yang memiliki julukan sebagai negeri minyak tersebut. Arab Saudi dinilai sebagai negara yang cukup sadis karena melakukan eksekuti mati dengan cara memenggal kepala tahanan di depan umum.

Para petinggi disana mengatakan bahwa hukuman ini akan mengajarkan pada semua orang tentang ketegasan. Hal tersebut juga akan membuat semua orang di Arab Saudi tidak akan berani melakukan hal-hal negatif yang melanggar aturan. Nah, pada tahun 2015, Arab Saudi telah melakukan eksekusi mati dengan cara dipancung kepada 157 orang.

2. Yaman.

Pada kasus kejahatan di Yaman, menyebabkan seseorang mendapatkan hukuman mati karena prostitusi, perzinahan, penculikan, penjualan narkoba hingga praktik hubungan sesama jenis. Atas kejahatan-kejahatan dan pelanggaran norma hukum yang berlaku di Yaman, maka hukuman pancung atas kejahatan-kejahatan tersebut diberlakukan.

Mayoritas dari hukuman mati yang dilakukan di Yaman sebenarnya lebih banyak dengan cara ditembak mati. Namun pada beberapa kasus lainnya, hukuman dirajam, digantung juga mewarnai beragam hukuman berat yang diterima terpidana di Yaman. Yaman juga termasuk negara yang memiliki hukuman eksekusi mati terbanyak di dunia. Rekor yang paling banyak terjadi pada tahun 2001 silam, dimana 56 orang mati dieksekusi.

3. Qatar.

Negara Islam yang ketiga dengan hukuman pancung yang masih diberlakukan adalah Qatar. Qatar termasuk negara yang masih berada di Jazirah Arab, jadi secara budaya masih ada kesamaan dengan Arab Saudi. Eksekuti mati kepada tahanan dianggap tidak berdosa karena sesuai dengan syariat Islam yang telah menjadi aturan negara dan tidak akan bisa digugat karena sudah merupakan harga mati dari negara tersebut.

Kasus-kasus umum yang menggunakan eksekusi mati hukuman pancung memang tidak terlalu banyak seperti Arab Saudi. Hanya tetap saja mengerikan dan membuat warganya ketakutan. Eksekusi hukuman pancung di Qatar dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari grup militan.

4. Iran.

Iran juga memberlakukan hukuman pancung walau tidak sebanyak Arab Saudi. Hukuman pancung dilakkan di Iran hanya ketika kejahatan yang meliputi tindak asusila dan juga praktik hubungan sejenis. Ekseskusi pancung terakhir yang dilakukan Iran dilakukan pada tahun 2003 silam.

Hukuman eksekusi mati dengan dipancung di Iran dilakukan di ruang publik sehingga menjadi perhatian banyak orang. Pertama kalinya negara ini memberlakukan hukuman pancung terjadi pada tahun 1990.

5. Irak.

Selain Iran, Irak juga termasuk negara Islam yang memberlakukan hukuman pancung bagi tahanannya. Ingat pada saat Saddam Husein yang menjadi Presiden Irak? Saddam Husein menerima memberlakukan eksekusi mati dengan dipenggal kepalanya dan pada saat itu beliau sendiri yang mengeksekusi 50 wanita tuna susila. Kejadian ini terjadi pda tahun 200 silam dan sempat menjadi isu panas karena dianggap sebagai tindakan yang tidak manusiawi untuk para tahanan.

Baca juga : Tradisi Ritual Dukun Pengantin Di Jawa

  • Sejarah Dari Kerajaan Islam Kecil Dari Maluku

    Jika kita menelusuri lebih dalam, Indonesia itu juga dikenal dalam sejarah kerajaan-kerajaan terdahulunya. Seperti halnya kehebatan dari kerajaan Majapahit, Sriwijaya dan kerajaan...

  • Bukti Teori Keterkaitan Indonesia Dengan Nabi Sulaiman

    Hampir semua orang di dunia mengetahui tentang kisah Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman adalah sosok seorang nabi kita yang juga seorang raja dengan...

  • 10 Bangunan Penting Jejak Kejayaan Islam Di Spanyol

    Salah satunya adalah Spanyol, sebuah negara besar di benua Eropa yang letaknya berada di barat daya Eropa. Spanyol termasuk negara yang dulunya...

  • Pesan Dan Makna Sunan Kalijaga Melalui Karakter Punakawan

    Berdasarkan cerita masyarakat Jawa dulu, dikenalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu dari 9 wali, penyebar ajaran agama Islam lewat...