Nov 30 2016

Mitos Bersiul Dari Berbagai Negara Di Dunia

Bersiul memang terlihat seperti aktivitas biasa saja, dan bisa dilakukan semua orang kapanpun tanpa melihat kondisi cuaca, tempat dll. Cara bersiul sendiri hanyalah meniupkan udara di dalam mulut dengan bibir yang membentuk sudut tertentu, baru kemudian mengeluarkan bunyi. Ada juga yang bersiul dengan menggunakan lidah dan jari. Namum umumnya, bersiaul akan terdengar ‘syahdu’ jika mereka yang bersiul sedang dalam suasana hati yang baik.

Tapi dari segi lain, bersiul di beberapa tempat / negara tertentu, memiliki mitos-mitos tertentu. Berbeda dari keyakinan yang mereka percayai, berbeda pula arti dari siulan yang dilakukan. Apa sih yang membuat bersiul menjadi salah satu mitos masyarakat? Apakah bersiul dengan kondisi tertentu? Nah jika penasaran, simak saja Mitos Bersiul Dari Berbagai Negara Di Dunia berikut ini selengkapnya.

Mitos Bersiul Dari Berbagai Negara Di Dunia

1. Bersiul di dalam ruangan, Rusia.

Di Rusia, Rumania, Estonia dan beberapa negara Balkan, Anda tidak diperbolehkan untuk bersiul di dalam ruangan. Mereka percaya jika bersiul di dalam ruangan, dapat mengalami masalah buruk (kebangkrutan). Memang tidak sepenuhnya benar, tapi hal ini sudah sangat dipercayai oleh masyarakat dari negara-negara tersebut. Jadi sebaiknya, kapanpun Anda ingin bersiul dan kebetulan sedang berada di negara-negara tadi, lakukanlah di luar ruangan ya!

2. Bersiul di malam hari, Jepang.

Di Jepang sendiri, dipercaya jika bersiul di malam hari dapat memancing kimodameshi atau makhluk jahat keluar. Kimodameshi sendiri tidak jelas makhluk seperti apa, namun yang pasti Kimodameshi  sering dijadikan ajang uji nyali di negeri Sakura tersebut. Bukan hanya itu saja, larangan bersiul di malam hari juga dipercaya membuat Anda terkena kesialan, seperti kena rampok, digigit ular dll. Mitos larangan bersiul di malam hari ini juga dipercaya oleh masyarakat di negara Cina, Hawaii dan Korea.

3. Tidak bersiul di dapur, Prancis.

Orang Prancis memang sangat tertata soal masalah makanan. Larangan bersiul di dapur ini juga banyak dipercayai oleh mereka. Menurut mereka (orang Prancis), dengan bersiul di dapur sama saja mendoakan sang juru masak mati. Latar belakang dari mitos larangan bersiul di dapur ini muncul saat terjadinya Revolusi Prancis di mana pada saat itu ada banyak juru masak dihabisi. Tidak sedikit yang akhirnya bersembunyi dan tidak mengeluarkan suara apapun agar tidak ketahuan oleh para tentara.

4. Tidak bersiul saat cahaya utara muncul.

Di Indonesia, Anda tidak akan melihat keindahan cahaya indah aurora karena berada di daerah tropis. Namun di beberapa negara, pemandangan tersebut dapat dilihat sangat jelas. Terkait dengan larangan bersiul, ada mitos yang menganjurkan agar tidak melakukan hal itu ketika arsaniit atau aurora yang berada di utara muncul. Berdasarkan kepercayaan, arsaniit merupakan jalannya para arwah dan jika Anda bersiul saat aurora di utara itu nampak, maka dipercaya jiwa Anda akan ditarik dari raga dan kematian akan menjemput.

5. Tidak bersiul di pinggir laut.

Mitos untuk tidak bersiul di pinggir laut ini banyak dipercaya oleh orang-orang Jawa, khususnya bersiul di Laut Jawa yang dipercaya dapat mengakibatkan nasib buruk terjadi yang berujung dengan kematian.

Hal tersebut berdasarkan kepercayaan bahwa dengan bersiul sembari mengarah laut, maka Anda sudah menantang / mengundang sang penguasa Laut Selatan, tidka lain adalah Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul.

Sebelumnya : Dibalik Kemeriahan Budaya ‘Color Run’

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...