Jul 14 2016

Mengenal Tari Sanghyang, Tarian Dengan Unsur Magis Dari Bali

Jika membahas mengenai tarian tradisional Indonesia, memang tidak akan pernah habis untuk dibicarakan. Nyatanya, dengan banyaknya daerah di Indonesia, suku, budaya dan tradisi, tarian unik yang dimiliki tiap-tiap daerah menjadi ciri khas tertentu yang dimiliki oleh suku/daerah tersebut.

Jika menyebut nama Bali, tanpa berpikir panjang Anda pasti bisa menyebutkan salah satu tariannya yang cukup terkenal yaitu tari Kecak Bali. Tapi, ada yang unik dari salah satu tarian Bali yang cukup terkenal, yaitu Tari Sanghyang. Salah satu tarian unik dari Bali yang akan kita pelajari sedikit disini, jadi yuk simak selengkapnya!

Mengenal Tari Sanghyang, Tarian Dengan Unsur Magis Dari Bali

Mengenal Tari Sanghyang.

Tari Sanghyang termasuk tarian tradisional peninggalan kebudayaan pra-Hindu yang masih sering dilakukan oleh sebagian masyarakat di Bali. Tarian tersebut umumnya dipertunjukan dalam sebuah upacara pengusiran wabah penyakit yang kala itu melanda suatu desa di Bali. Tarian ini dilakukan oleh penari yang masih gadis (belum dewasa) yang dianggap masih suci.

Sejarah Tari Sanghyang.

Berdasarkan sumbernya, Tari Sanghyang merupakan sisa-sisa dari kebudayaan pra-Hindu yang berfungsi sebagai salah satu bagian upacara untuk mengusir wabah penyakit yang kala itu sedang terjadi di suatu desa di Bali. Tarian ini diartikan sebagai sarana perlindungan terhadap ancama kekuatan berbahaya dari luar. Tari tersebut juga digunakan masyarakat sebagai salah satu media komunikasi spiritual dengan alam gaib, dengan sengaja memasukan roh kedalam tubuh panari dan meminta agar dijauhkan dari bahaya tersebut. Hal yang penting dari dilaksanakan Tarian Sanghyang adalah, sebelum pertunjukan tarian dilakukan, penari diwajibkan memenuhi beberapa syarat seperti tidak boleh berkata kasar dan jorok, bohong, mencuri dan beberapa pantangan lainnya. Selain itu juga mengikuti petunjuk dan tata tertib desa yang telah ditentukan.

Mengenal Tari Sanghyang, Tarian Dengan Unsur Magis Dari Bali
Ketika pertujunkan dimulai, para penari menari dalam keadaan tidak sadar karena dianggap telah kemasukan roh. Awalnya penari akan diasapi kepalanya yang sudah ditutupi dengan kerudung putih, lalu diiringi dengan nyanyian suci. Saat kerudung tersebut dibuka, penari sudah mengalami trance atau tidak sadarkan diri. Dalam kondisi tersebut mereka menari-nari dan kadang-kadang mereka menari di atas bara api lalu berkeliling desa untuk mengusir wabah penyakit. Setelah memasuki akhir dari pertujukkan, penari dikembalikan kesadarannya dengan melepas roh tersebut ke tempat asalnya.

Tarian Sanghyang juga ternyata memiliki beberapa jenis dan berbeda-beda dari namanya, diantaranya Tari Sanghyang dedari, sanghayang deling, sanghyang dangkluk, sanghyang penyalin, sanghyang celeng, sanghyang medi, sanghyang bumbung, sanghyang kidang, sanghyang jenger, sanghyang sengkrong, dan sanghyang jaran. Secara umum jenis Tari Sanghyang ini memiliki fungsi yang sama, yaitu mengusir wabah penyakit dan kekuatan magis yang mengancam. Namun yang membedakan adalah bentuk pertunjukannya baik dari kostum, gerak, dan penyajian pertunjukan.

Baca juga : 4 Macam Upacara Adat Pantai Unik di Jawa Barat

Mengenal Tari Sanghyang, Tarian Dengan Unsur Magis Dari Bali |

  • Tarian Suku Mentawai Dengan Makna Yang Unik

    Mengenal tentang suku serta budaya di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Di setiap provinsi yang terdapat di Indonesia, memiliki keunikan tersendiri...

  • Keindahan Tari Pendet Bali yang Sudah Diakui Dunia

    Siapa sih yang tidak mengenal tari pendet ? Tari yang berasal dari Bali ini masuk ke dalam Tarian Terindah di Dunia. Bagaimana...

  • Makna dari Tari “Perang” Isosolo Khas Papua

    Pulau Papua tak hanya kaya akan Sumber Daya Alam mineral nya yang melimpah saja, keindahan alam dan budaya pun sangat beragam sehingga...

  • Mengenal 5 Kesenian Dari Jawa Yang Berbau Mistis

    Kesenian di Indonesia sesungguhnya banyak sekali yang menarik untuk kita ketahui dan pelajari lebih lanjut lagi. Setiap kesenian yang beragam di Indonesia,...