Nov 17 2015

Mengenal Macam-Macam Batik Nusantara yang Wajib Diketahui

Siapa sih yang tidak kenal batik ? Batik juga merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO, kain batik merupakan salah satu warisan luhur yang harus kita jaga dan lestarikan. Seperti yang telah kita ketahui Batik Indonesia sudah dikenal di berbagai penjuru dunia, sekarang banyak sekali designer Indonesia yang sudah mengkolaborasikan kain batik sehingga batik menjadi lebih modern dan menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

batik nusantara
Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2009 yang ditetapkan oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik. Ketika mendengar kata “Batik” biasanya yang terlintas hanyalah batik Solo, Jogja dan Pekalongan karena memang daerah tersebut lah yang menjadi primadona batik pada umumnya. Namun, tahukah anda jika batik nusantara memiliki banyak sekali ragam nya di setiap daerah ? Penasaran ? Yuk simak terus macam-macam batik Indonesia dari berbagai daerah berikut ini :

Mengenal Macam-Macam Batik Nusantara

  • Batik Solo

batik solo

Kota Solo merupakan daerah yang kerajinan paling dikenalnya yaitu batik. Batik solo telah terkenal di dalam maupun diluar negeri. Motif yang sangat terkenal nya yaitu motif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana, dll. Daerah yang menjadi sentra batik di Kota Solo yaitu Kampung Laweyan.

  • Batik Jogja.

Batik Jogja.

Kalo saya yang pertama kali dibayangkan setelah mendengar kata batik yakni kota Jogjakarta. Selain Solo, Jogja pun salah satu kerajinan yang paling dikenal yaitu batik. Pada zaman dahulu batik di gunakan hanya untuk kalangan tertentu saja di Yogyakarta seperti keluarga keraton contohnya. Akan tetapi sekarang batik jogja semakin populer dan banyak digunakan oleh siapa saja. Motif batik jogja yang paling populer yaitu motif kawung, motif parang kusumo, motif truntum, motif tambal dan motif pamiluto.

  • Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Selain 2 kota diatas, batik pekalongan tak kalah terkenalnya. Batik pekalongan memiliki ciri khas yang unik yakni batik bernuansa pesisir yang kaya akan warna. Bahkan batik pekalongan bisa kita jumpai dengan 10 kombinasi warna sehingga terkesan atraktif namun tetapi dinamis.

  • Batik Madura

Batik Madura

Selain tradisi karapan sapi yang terkenal di Madura, jika anda bermain ke Madura lebih baik anda kenali juga batik khas Madura tersebut. Batik Madura ternyata bercita rasa dan bernilai tinggi. Motifnya yang lebih cerah dibandingkan dengan batik kebanyakan, sehingga batik Madura nampak terlihat lebih berani dan tegas.

  • Batik Cirebon

Batik Cirebon

Siapa sih yang tidak kenal dengan batik Megamendung ? Ternyata batik tersebut asalnya dari kota Cirebon, Jawa Barat. Batik tulis jenis ini berbeda dari batik kebanyakan karena batik Cirebon telah mendapatkan sebagai salah satu World Heritage dari Indonesia. Wow, luar biasa bukan ?

  • Batik Jakarta

Batik Jakarta

Selain suku betawi dan kerak telornya, ternyata Jakarta memiliki corak batik sendiri. Walaupun sekarang Batik Jakarta sudah jarang kita temui, tapi Batik Jakarta sempat menjadi primadona masyarakat ibukota tersebut.

  • Batik Bali

Batik Bali

Selain sarung Bali yang sudah mendunia, Bali juga memiliki batik daerah sendiri. Batik Bali memiliki corak yang sangat Indah, karena menggambarkan pesona keindahan alam dari Pulau Dewata tersebut. Tak salah nya bagi kalian yang sedang berlibur ke Bali tak hanya berkunjung ke tempat wisatanya tapi berbelanja batik Bali sebagai oleh-oleh yang harus di bawa pulang.

  • Batik Banten

Batik Banten

Batik Banten merupakan salah satu batik terbaik di dunia dan telah mendapatkan pengakuan Internasiona. Salah satu keunikan batik Banten yaitu sebagai media tell the story (menceritakan sejarah). Bagaimana sangat unik bukan ?

  • Batik Minangkabau

Batik Minangkabau

Tak hanya pulau Jawa dan Bali yang memiliki batik sendiri, buktinya Batik Minangkabau dari Padang, Sumatera Barat memiliki corak tersendiri. Batik Minangkabau sering disebut Batik Tanah Liek atau dalam bahasa Indonesia disebut Batik Tanah Liat hal ini dikarenakan salah satu pewarnaan dalam batik tersebut dari tanah liat.

  • Batik Batak

Batik Batak

Batik Batak atau yang disebut dengan Gorga adalah kreasi yang menampilkan Gorba ke dalam motif batik. Kalau biasanya batik dibuat dengan cara ditulis, beda halnya dengan Batik Batak yakni ditenun dengan menggunakan mesin tenun dan bahan dasarnya pun adalah sutra.

  • Batik Papua

Batik Papua

Siapa bilang papua tidak memiliki batik ? Papua ternyata memiliki batik dengan motif-motif nya yang khas dan mampu diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia bahkan Mancanegara. Batik Papua memang memiliki warna yang cenderung gelap namun memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung.

  • Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya

Selain menjadi sentra kelom dan bordir Batik Tasik juga tak kalah bagusnya loh, batik Tasik memiliki warna yang sangat cerah dengan corak seperti gambar flora dan fauna seperti burung, bunga dan lain-lain. Sehingga Batik Tasikmalaya memiliki daya tarik tersendiri dan sangat digemari oleh masyarakat Tasikmalaya.

Sebenarnya masih banyak Macam-Macam Batik Nusantara yang belum disebutkan, sehingga tidak dapat disebutkan satu-satu. Sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan Batik karena Batik merupakan warisan Indonesia yang bernilai luhur. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

SEMOGA BERMANFAAT

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...