Apr 23 2016

Mengenal Kampung Adat Kuta di Ciamis, Jawa Barat

Jika di Tasikmalaya memiliki kampung naga sebagai kampung adatnya, di Ciamis juga memiliki Kampung Adat yang bernama Kuta. Kampung Kuta Tambaksari berada di lokasi Ciamis, Jawa Barat sekitar 60 Km dari Kota Ciamis ke arah timur. Kampung Kuta terdiri dari 2 RW dan 4 RT dan berbatasan langsung dengan Dusun Cibodas sebelah utara, Dusun Margamulya disebelah barat dan disebelah selatan dan timur dengan Sungai Cijulang yang merupakan perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Nama Kampung Kuta sendiri bila dalam bahasa Sunda Buhun artinya yaitu pagar tembok hal ini dikarenakan lokasi Kampung Kuta yang berada di lembah curam dan dikelilingi oleh tebing-tebing dan perbukitan. Masyarakat Kampung Kuta berhasil menjaga keseimbangan alam dan terpeliharanya tatanan hidup bermasyarakat, salah satunya yaitu pelestarian hutan, mata air dan pohon aren yang digunakan sebagai sumber kehidupan.

Adat Istiadat dan Asal Usul Kampung Kuta

kampung kutaMasyarakat adat di kampung Kuta memiliki hutan yang di keramatkan yang disebut dengan Leuweung Gede yang sering didatangi oleh orang-orang yang ingin mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan hidup namun dilarang bagi seseorang yang ingin mendapatkan kekayaan.

Untuk memasuki wilayah hutan keramat terdapat sejumlah larangan yang harus dipatuhi oleh pengunjung yaitu tidak boleh merusak sumber daya alam, tidak boleh memakai baju dinas, tidak boleh memakai perhiasan emas, tidak boleh memakai baju hitam-hitam, tidak boleh membawa tas, tidak boleh memakai alas kaki, meludah dan berbuat gaduh. Semua larangan ini bertujuan untuk menjaga hutan agar tidak tercemar dan tetap lestari. Oleh karena itu Kampung Kuta memperoleh Penghargaan Kalpataru pada tahun 2002 untuk kategori Penyelamat Lingkungan karena Leuweung Gede memiliki sumber air yang terjaga dengan baik.

Larangan diatas tidak hanya berlaku pada masuk Leuweung Gede saja, larangan tersebut masih termasuk di dalam wilayah Kampung Kuta. Selain larangan diatas, ketika kita berkunjung ke Kampung Kuta yaitu larangan membangun rumah dengan atap genting, mengubur jenazah di Kampung Kuta, memperlihatkan hal-hal yang bersifat memamerkan dan mementaskan kesenian yang mengandung lakon dan cerita seperti wayang.

Larangan-larangan tersebut tentu harus dipatuhi karena dianggap dapat membawa malapetaka bagi yang melanggarnya. Warga Kampung Kuta dilarang membuat sumur, sehingga untuk keperluan sehari-hari harus di ambil dari mata air.

Baca Juga : Fashion Alam Yang Unik Milik Suku Ethiopia

Walaupun terkesan kampung yang sepi dan sunyi namun masyarakat Kampung Kuta menggemari juga kesenian sebagai sarana hiburan misalnya saja calung, reog, sandiwara, tagoni, kliningan, jaipong, kasidah, ronggeng, dll. Pertunjukan kesenina tersebut dilaksanakan saat mengadakan hajatan terutama perkawinan dan penerimaan tamu kampung.

5561fc200423bd006a8b4569 (2)Yang unik dari Kampung Kuta yaitu adanya Upacara Adat Nyuguh yang rutin diadakan pada tanggal 25 shapar setiap tahunnya. Upacara Nyuguh ini dilakukan di pinggir Sungai Cijolang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pernah dalam 1 tahun masyarakat Kampung Kuta tidak melaksanakan Upacara tersebut tiba-tiba seluruh kampung mendapatkan musibah yaitu padi yang siap panen rusak dan sejumlah hewan ternah mati. Warga sekitar meyakini kerusakan tersebut terjadi karena “utusan” Padjajaran tidak disuguhi makanan dan mencari makanan sendiri dengan cara merusak kampung.

Demikian informasi seputar Kampung Adat Kuta, Ciamis Jawa Barat. Semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

| Mengenal Kampung Adat Kuta di Ciamis, Jawa Barat

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Doljanchi, Perayaan Untuk 1 Tahun Kelahiran Bayi Korea

    Dol, atau Doljanchi adalah istilah untuk penyebutan sebuah perayaan kelahiran satu tahun pertama anak-anak di Korea. Dalam sejarahnya, konon di masa lalu,...