Nov 3 2016

Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang

Apa yang kalian tau tentang ‘Geisha‘? Nah jika Anda familiar dengan budaya Jepang, pasti tau tentang Geisha. Atau mungkin Anda juga pernah menonton film yang berjudul MEMOIRS OF GEISHA. Disana diceritakan tentang bagaimana perjalanan hidup dari seorang wanita yatim piatu yang harus terpisah dengan kakak kandungnya dan berakhir dengan dia dididik untuk menjadi seorang Geisha.

Geisha adalah sosok wanita Jepang dengan memakai kimono lengkap serta riasan putih tebal di wajah dan rambut palsunya. Banyak orang yang salah mengartikan bahwa Geisha adalah gadis penghibur yang disamakan dengan wanita pelac*r dan lain-lain. Padahal sebenarnya, Geisha berarti seorang “artis” atau “seniman” yang berasal dari huruf kanji gei [=seni] dan sha/mono [=orang].

Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang
Maka dari itu, kita harus lebih Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang yang sebenarnya. Ini dia fakta selengkapnya.

1. Honko.

Fakta pertama tentang Geisha ternyata Geisha tidak harus selalu dilakoni oleh para wanita Jepang. Kaum lelaki Jepang pun ada yang memilih menjadi Geisha sebagai profesinya. Jika wanita Jepang disebut Geisha, nah untuk para kaum lelaki biasanya disebut Honko. Mereka pun mengerjakan sebagaimana yang dilakukan oleh para Geisha, yaitu menari, bernyanyi, berdiskusi, dan menemani tamunya di restoran, bar, dan rumah teh. Dan berdasarkan catatan bahwa Geisha pertama adalah seorang lelaki.

2. Pekerja seni.

Arti yang sebenarnya dari Geisha adalah adalah pelaku / pekerja seni. Sama halnya dengan sebutan untuk seniman atau seniwati. Namun sudah banyak masyarakat di dunia yang menganggap Geisha adalah profesi yang tidak ada bedanya dengan pelaku prostitusi (PSK).

Di masa lampau para Geisha dipaksa melakukan sebuah upacara yang disebut  “Mizuage.” Mizuage adalah upacara untuk menyambut datangnya masa dewasa bagi seorang perempuan. Selama upacara berlangsung, para maiko (sebutan untuk pada Geisha yang masih dalam pendidikan) “dijual” kepada penawar tertinggi untuk melepaskan masa gadisnya. Meski demikian upacara tersebut dianggap sakral dan para maiko tetap dihormati.

Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang
3. Tanpa Identitas (Anonim).

Menjadi seorang Geisha adalah hal yang sudah pasti dapat menjadi seorang yang tidak dikenal, dan hal demikian disampaikan dalam sesi pendidikannya. Para Geisha diharuskan menyembunyikan semua petunjuk apapun yang merujuk pada identitas mereka seperti nama, alamat rumah dan lain-lainnya meskipun tamu itu benar-benar seorang terhormat.

4. Stigma.

Tidak semua dari Geisha termasuk hal yang negatif. Masih ada banyak hal yang tidak bisa dibayangkan dari seorang Geisha terutama dalam kacamata budaya. Keberadaan dan sikap mereka yang sesuai dengan ajaran seperti tradisi yang sangat ekslusif, maka tidak heran jika orang-orang akan mengatakan hal apapun di luar kebenarannya. Bahkan dengan adanya Geisha versi modern, yang konsepnya jauh dari ajaran Geisha sebenarnya, mulai merubah semua nilai-nilai luhur geisha sebagai pelaku seni.

4. Pelayanan Geisha.

Seorang Geisha yang berugas untuk melayani tamu biasanya akan membuatkan minuman teh dan kemudian sedikit menarik kimononya untuk memperlihatkan keindahan kulit lengannya pada tamu yang mereka temani. Perilaku tersebut adalah sebuah simbol sensualitas yang harus di dapatkan oleh tamu dan itu memang diharuskan.

6. Kimono yang Didesain Khusus.

Karena pada umumnya seorang Geisha adalah seseorang yang harus memiliki berbagai keterampilan, bahkan untuk kimono yang dipakainya mereka akan membuatnya sendiri. Uniknya lagi, Kimono yang mereka pakai tidak akan mereka ganti, selama menjadi seorang Geisha. Selain itu untuk merias wajah, mereka bisa menghabiskan waktu selama 2 jam lamanya untuk membuat wajah dan penampilan mereka cantik dan menarik.

7. Okiya.

Okiya adalah sebutan untuk tempat untuk pada Geisha bekerja, dan biasanya mereka akan dibimbing oleh seorang “okaasan” atau nyonya rumah. Namun begitu mereka tetap bekerja keras demi menemani para tamu dan menjaga serta mengurus rumah para kliennya. Upah pekerjaan Geisha akan dibayar pada okaasan tersebut. Dan mereka akan menyimpannya untuk digunakan dengan merawat rumah dan para Geisha untuk tetap menjaga kelangsungan bisnisnya.

8. Maiko dan Hangyoku (Geisha muda).

Maiko merupakan sebutan untuk Geisha muda (perempuan) yang sedang menjalani pendidikan untuk menjadi seorang Ggeisha khusus di kota Kyoto. Namun di Tokyo perempuan muda ini dikenal dengan sebutan “Hangyoku”. Yang menjdi pembeda diantara keduannya adalah para Hangyoku memakai kimono yang lebih panjang dengan motif bervariasi sehingga terlihat lebih modis. Sementara para Maiko sebaliknya, mereka memakai kimono yang sama satu sama lain, bahkan tanpa motif yang ada dikainya sekalipun.

9. Terdapat racun di dalam riasan wajah Geisha.

Anda juga harus mengetahui hal yang satu ini, para Geisha yang merias wajah mereka hingga tampil seputih mungkin ternyata mereka memakai bedak yang mengadung timah. Unsur kosmetika berbahaya yang satu ini baru ditemukan pada era Meiji.

Mengenal Fakta Geisha Gadis Penghibur Dari Jepang

10. Seorang Geisha tidak boleh menjalin ikatan Cinta.

Selain identitas yang tetap terjaga dan tidak boleh ada seorangpun yang tau, para Geisha juga dilarang untuk menjalin hubungan dengan seorang lelaki seperti kaum wanita biasa. Mereka baru boleh berhubungan asmara ketika sudah meninggalkan profesinya sebagai Geisha atau pensiun.

Baca juga : Tentang Masyarakat Krayan Yang Hidup Diperbatasan Indonesia

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...