Aug 6 2016

Makna Dari Kesenian Topeng Sekura Lampung

Indonesia memiliki beragam tema kesenian yang unik pada tiap-tiap daerahnya. Salah satunya kesenian yang cukup digemari adalah kesenian topeng. Di beberapa daerah Indonesia, kesenian topeng menjadi sangat menarik karena dalam setiap pertunjukan, selalu diiringi dengan tarian, musik tradisional, juga jalan cerita yang menakjubkan!

Makna Dari Kesenian Topeng Sekura Lampung

Termasuk pada kesenian Topeng Sekura Lampung. Lampung, sebagai salah satu provinsi yang terletak di kepulauan Sumatera ini memiliki kesenian Topeng yang cukup terkenal. Kesenian topeng tersebut adalah Sekura, sebuah seni topeng yang sarat dengan nilai-nilai perjuangan dan persaturan juga kesaturan.

Ada beragam versi cerita, yang menunjukan tentang asal-muasal dari tradisi kesenian topeng Sekura ini. Salah satunya menurut kepercayaan ajaran Hindu. Berdasarkan keyaninan dari umat Hindu, Sekura berasal dari orang-orang yang tidak memiliki kepercayaan terhadap para dewa sehingga selalu melakukan hal- hal yang tidak terpuji. Lalu kemudian orang-orang tersebut di kutuk oleh dewa sehingga memiliki wajah yang buruk rupa seperti topeng.

Versi cerita lainnya berdasarkan kepercayaan dari umat muslim. Kesenian topeng Sekura menurut mereka adalah sebuah kesenian yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan agama islam pada masa kerajaan Skala Brak yang merupakan kerajaan kuno di Lampung Barat. Konon katanya, kerajaan yang mmeiliki keyakinan dinamisme dan animisme inipun sedikit demi sedikit dimasuki oleh para penyebar agama islam kedalam wilayah kerajaannya. Sehingga beberapa waktu berselang agama islam berkembang dan menjadi komunitas yang besar didalam kerajaan tersebut, terutama didaerah suku Tumi.

Dalam ajaran yang semakin meluar, secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan di kerajaan Skala Brak. Terutama pada bbagian dalam suku Tumi. Banyak dari mereka yang memulai memeluk agama Islam, namun tidak sedikit juga yang menolaknya. Pada akhirnya suku tersebut terbela menjadi dua dan perang saudara pun tidak bisa dhindari. Pada saat inilah mereka menggunakan topeng Sekura saat perang, dan berfungsi untuk melindungi dan menutup wajah satu sama lain dikarenakan sebagai penghilang dari rasa kasihan karena berperang melawan saudara satu suku sendiri.

Akan tetapi pada abad ke 19, memakai topeng Sehingga untuk berperang sudah tidak digunakan lagi dan beralih fungsi sebagai sarana untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama. Semenjak itulah kemudian topeng Sekura banyak digunakan sebagai perayaan untuk hari raya besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Sampai saat ini perayaan dari kesenian topeng Sekura masih dilaksanakan di berbagai tempat berbeda.

Dari kedua versi yang berbeda inilah kemudian disimpulkan oleh para budayawan tentang asal muasal dari Sekura. Karena itu dapat ditarik kesimpulan tentang kenapa adanya dua jenis topeng Sekura, yaitu Sekura Kamak atau Sekura Kotor dan juga Sekura Kecah atau Sekura Bersih.

Makna Dari Kesenian Topeng Sekura Lampung

Makna Dari Kesenian Topeng Sekura Lampung
 
Kemunculan dari kesenian topeng Sekura ini tidak lepas daro penyebaran ajaran Islam di di kerajaan Skala Brak kala itu. Sekura Kamak maupun Sekura Kotor biasanya sering digunakan oleh para pendakwah sebagai sarana untuk sbeuah penggambaran pribadi yang suka melawan dan pemberontak terhadap kepala pemerintahan yang menurut mereka zalim. Dan karena hal inilah mereka menggunakan Sekura Kamak mendapatkan dukungan dari para kaum budak dan yang tertindas.Setellahnya kemudian para pendakwah akan mengganti topeng Sekura Kamak dengan Sekura Kecah atau Sekura Bersih senagai tanda bahwa masyarakat telah berada dalam kebersihan dan kesucian. Dengan cara inilah mereka mendapatkan perhatian dan kesan yang lebih menarik.

Kesenian topeng Sekura bukanlah sebuah tradisi yang tidak memiliki makna sama sekali. Makna sesungguhnya dari Sekura adalah sebuah kekayaan budaya warisan nenek moyang yang sarat akan makna. Karena topeng ini juga merupakan sebuah bukti dari perjuangan yang konsisten dan juga bukti yang penting sebagai sarana mempersatukan anak bangsa yang sekaligus juga sebagai sarana kebebasan dan pengembangan ekspresi seni topeng.

Baca juga : Ini Dia Kisah Warga Asing Yang Cinta Terhadap Budaya Indonesia

Itu dia sedikit ulasan mengenai Makna Dari Kesenian Topeng Sekura Lampung, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah sedikit wawasan pengetahuan lainnya yang perlu kita ketahui tentang keragaman Indonesia. Salam!

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...