Jan 28 2016

Kimchi, Makanan Sehat dan Berbudaya dari Korea

kimchi

Budaya Mancanegara | Setiap negara rupanya memiliki makanan khas yang bisa menjadi pengenal atau jati diri suatu bangsa, contohnya saja seperti tempe yang hanya ada di Indonesia, bahkan telah sah menjadi salah satu warisan budaya non-benda. Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki tempe, salah negara di Asia lainnya yang memiliki makanan khas yaitu Korea, bernama Kimchi.

Kimchi adalah makanan hasil fermentasi khas dari Korea yang terbuat dari sayuran berserat tinggi, seperti sawi putih atau lobak yang diolah menggunakan rempah pilihan dengan proses dicuci dan digarami, kemudian dicampur dengan bumbu dari bubuk cabai merah, jahe, bawang putih, udang krill, dan kecap asin. Kimchi ini dikenal dengan rasanya yang pedas dan asam, karena hasil fermentasi dan bumbu pedas tadi yang dicampurkan.

Kimchi ini memiliki banyak serat dan rendah kalori, juga mengandung vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Zat besi, Kalsium, serta asam laktat yang baik untuk organ pencernaan. Kandungan yang ada di dalam kimchi ini membuatnya dikenal menjadi 1 di antara 5 makanan tersehat di dunia versi majalah Health Magazine.

Baca juga : Tradisi Unik Menarik Ini Hanya Ada di Korea Selatan

Kimchi yang menyehatkan ini diyakini dapat melancarkan pencernaan karena adanya bakteri lactobacillus yang berperan dalam fermentasi kimchi, menghasilkan asam laktat lebih tinggi dibandingkan yoghurt, dan kimchi juga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan kanker.

jenis jenis kimchi

Menurut laporan wikipedia.org, Museum Kimchi Pulmuone, Seoul mentatat, bahwa ada 187 jenis kimchi yang telah dibuat sampai sekarang. Di antara jenis kimchi tersebut, yang paling umum adalah kimchi dari sawi putih, lobak yang dipotong berbentuk kubus (ggakdugi), kimchi ketimun (oisobaegi), dan susunan daun perilla yang dibumbui cabai merah, bawang putih, daun bawang, serta kecap asin (kkaennip).

Baca juga : Ini Alasan Budaya Indonesia Menarik Di Mata Dunia

Kabar terbaru menyebutkan, bahwa kimchi khas Korea Utara masuk ke dalam nominasi warisan budaya tidak diraba, setelah 2 tahun kimchi khas Korea Selatan diakui sebagai warisan budaya tidak diraba oleh UNESCO.

Pengakuan kimchi khas Korea Utara ini penting dilakukan untuk mencegah adanya gangguan hubungan duplomatik, karena kimchi khas Korea Selatan lebih dulu mendapatkan pengakuan dari UNESCO, menurut salah satu wartawan BBC.

Mungkin kimchi akan menjadi salah satu makanan khas Korea yang bisa cocok dengan lidah Indonesia, sebagaimana Indonesia sendiri memiliki asinan yang memiliki citarasa asam dan pedas, walaupun kenyataannya kimchi memiliki rasa yang lebih khas dan tak bisa ditinggalkan oleh masyarakat Korea khususnya.

  • Kemiripan Orang Sunda Dengan Orang Korea, Kamu Wajib Tahu

    Seperti yang kita ketahui orang Korea dikenal memiliki paras yang cantik dan tampan walaupun banyak isu yang beredar akibat operasi plastik. Namun...

  • Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

    Jika Anda orang Jawa, patutlah berbangga dengan bahasa daerah yang kalian miliki. Tidak hanya untuk orang Jawa saja sih, orang-orang di daerah...

  • Pesona Kain Batik Motif Besurek Terinspirasi Ayat Al-Quran

    Kain batik merupakan salah satu warisan budaya yang harus kita jaga. Berbagai macam motif batik yang ada di negeri kita ini memang...

  • Indahnya Seni Lukis Henna pada Upacara Mehndi di India

    Berbicara tentang India tentunya sebagian orang Indonesia pasti menginginkan pergi ke negara tersebut. Hal ini dikarenakan budayanya yang cukup menarik perhatian dunia....