Dec 25 2015

Ketahui Keunikan Dari Tari Barong Khas Bali

Selamat datang kembali pada situs Budaya Ijo Muda, kali ini pembahasan lebih menarik masih seputar kebudayaan Indonesia, dalam jenis tariannya. Tari Barong lah yang akan menjadi pilihan untuk kita bahas kali ini. Simak sampai tuntas ya.

Jika Anda berminat untuk pergi berwisata ke pulau Bali, Anda wajib menyaksikan pertunjukan kebudayaan yang sirat dengan khas Bali, salah satunya adalah tari Barong Batubulan. Tari Barong Batubulan merupakan pertunjukan seni yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik yang berkunjung ke pulau dewata tersebut.

Ketahui Keunikan Dari Tari Barong Khas Bali

Seperti yang kita tahu bahwa Tari Barong merupakan suatu tarian yang dimana dua orang  penari memakai kostum Barong, dengan gerakan yang selaras dan diikuti alunan gamelan Bali. Tari Barong sendiri biasanya dimainkan pada acara – acara tertentu pada tradisi Bali, namun sekarang kalian pun bisa melihatnya langsung tanpa menunggu hari besar atau perayaan tertentu di Bali.

Ketahui Keunikan Dari Tari Barong Khas Bali (2)

Pertunjukan awal dari Tari Barong biasanya dimulai dengan gelaran alunan Bali yang indah, dengan mengginakan beragam alam musik seperti Gamelan Batel dan Gong Kebyar. Dengan alunan keduanya, menciptakan suara musik yang terkesan mistis, karena berdasarkan akar budaya Bali sejak jaman dahulu, Barong merupakan gambbaran dari sosok pelindung dan penguasa hutan yang berwujud hewan mistis. Konon katanya, kayu pembuat kepala Barong adalah kayu yang diambil dari area kuburan atau tempat-tempat yang dianggap mistis.

Durasi Tari Barong yang biasanya ditampilkan cukup lama, sampai sekitaran 60 menit. Anda tidak akan merasa bosan, karena selain menampilkan tarian juga akan disuguhkan dengan alunan musik yang indah dan gerakan Tari Barong yang akan membuat Anda enggan untuk meninggalkan kursi penonton. Setelah acara selesai, Anda juga dapat mengambil foto dengan beberapa penari, sebagai kenang-kenangan.

Tarian Barong Bali memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah :

  • Barong Ket atau Barong Keket
  • Barong Bangkal
  • Barong Landung
  • Barong Macan
  • Barong Kedingling
  • Barong Gajah
  • Barong Asu
  • Barong Brutuk

Nah, demikianlah sekilas informasi mengenai Tari Barong Bali yang bisa saya sampaikan. Lain kali akan saya berikan informasi lebih lengkap untuk menambah wawasan kita semua. Jangan bosan-bosan mengunjungi situs kami ini, semoga apa yang terbit didalamnya dapat bermanfaat untuk pengetahuan Anda. Salam!

Baca juga  : Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Suku Aborigin

Ketahui Keunikan Dari Tari Barong Khas Bali |

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...