Dec 26 2016

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Secara letak geografis, Indonesia dengan India jaraknya lumayan jauh. Dalam catatan sejarah pun, tidak ada hal penting yang mengaitkan antara Indonesia dengan India. Namun begitu, jika kita mengetahui beberapa pon berikut ini Anda akan setuju bahwa di dalam Budaya Indonesia dan Budaya India, terdapat beberapa ciri khusus yang hampir serupa namun tak sama. Bisa dibilang hal-hal tersebut mirip, namun tentu ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya.

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dianggap sebagai Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India.

1. Negara dengan kekayaan rempah dalam sajian menu makanannya.

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Semenjak dulu, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan masakan makanan kaya rempah. Tidak mengherankan karena Indonesia menjadi salah satu negara penghasil rempah terbaik di seluruh dunia. Begitupun dengan India, masakan dari India, hampir di seluruh makanannya juga terkenal dengan perpaduan banyak rempah seperti halnya Indonesia. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, ketumbar dan cengkeh adalah bumbu umum yang digunakan oleh kedua negara tersebut.

Perbedaan dari kuliner India dapat terlihat pada India. Mereka menggunakan kuantitas rempah yang lebih banyak dibandingkan dengan Indonesia. Contoh salah satunya adalah makanan gulai kambung yang gurih dan kaya rempah dengan nasi yang jadi makanan favorit siapapun di Indonesia. Di India, mereka juga memiliki gulai domba yang dipadukan dengan roti prata. Keduanya adalah makanan dengan ciri khas membangkitkan selera.

2. Nasi adalah makanan pokok.

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Baik di Indonesia maupun India, keduanya menganggap bahwa nasi adalah makanan utama atau makanan pokok. Kedua negara ini juga terbiasa menghidangkan nasi dengan beragam makanan pokok lainnya yang disajikan sebagai lauk. Perbedaannya jelas bahwa di Indonesia, nasi adalah makanan terpenting dari jenis makanan lainnya. Dan sebagian dari orang Indonesia akan menganggap mereka belum makan jika belum menyantap nasi. Di India, roti merupakan makanan pokok lainnya setelah nasi dan cukup sering dikonsumsi. Walaupun demikian, baik Indonesia maupun India, keduanya juga memiliki menu makanan nasi yang telah mendunia. Indonesia punya nasi goreng, dan India juga punya nasi biryani.

3. Kemiripan selera musik Indonesia dan India.

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Dangdut adalah salah satu jenis musik yang menjadi ciri khas dari Indonesia, dan siapapun mengakui hal tersebut. Kekayaan dari irama dan bunyi-bunyi musik dangdut, serta cengkok khas yang dimiliki para penyanyinya ini juga ternyata sedikit mirip dengan musik dari India. Bahkan, untuk memperkuat pertunjukan musik khas keduanya, mereka tidak hanya bernyanyi tapi juga dipadukan dengan beragam tarian.

Keunikan lainnya juga terlihat dari musik dangdut selalu identik dengan gendang. Unsur melayu arab yang ada dalam lagu-lagu dangdut selalu disatukan oleh tabuhan alat musik tradisional yaitu gendang. Gendang menjadi alat musik yang diibaratkan nyawa dalam musik dangdut, meski juga tidak meminggirkan peran alat musik yang lain. Meskipun mirip, tapi tetap tidak ada klaim bahwa musik dangdut berasal dari India.

4. Kebudayaan dalam cerita Mahabarata yang ada di India, juga di Indonesia.

Kemiripan Antara Budaya Indonesia Dengan Budaya India

Kemiripan antara India dan Indonesia yang sukar dijelaskan sampai sekarang adalah adanya cerita Mahabarata di kedua negara. Jika ditanya kepada orang Indonesia, dari mana asal Mahabarata, jawabannya pasti Indonesia. Begitupun sebaliknya, jika ditanya kepada orang India, dari mana asal Mahabarata, pasti mereka akan menjawab India. Kemiripan ini memang tidak lepas dari sejarah agama Hindu yang pernah bermukim lama di tanah Indonesia kuno.

Walau sama-sama memiliki cerita Mahabarata, ternyata ada bebarapa perbedaan cerita di dalamnya. Dalam Mahabarata versi India, Drupadi menjadi istri dari kelima Pandawa, yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Akan tetapi menurut Mahabarata versi Indonesia, Drupadi hanya menjadi istri dari Yudhistira. Ini tidak lepas dari budaya di Indonesia yang memang melarang seorang perempuan mempunyai banyak suami.

Baca juga : Ritual Kedewaaan Gol Suku di Vanuatu Yang Bikin Deg-degan

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...