Aug 27 2016

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal

Kesenian pewayangan atau wayang, di Indonesia termasuk salah satu Budaya yang cukup dikenal hingga mancanegara. Wayang terbagi kedalam 3 jenis hingga saat ini, seperti wayang kulit, wayang golek hingga wayang orang. Jika sebelumnya kita membahas sedikit tentang wayang kulit pada pembahasan tentang wayang kulit Karakter Punakawan, sekarang ini akan lebih tepat jika kita membahas mengenai wayang golek.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal
Wayang golek sendiri merupakan salah satu pertunjukan seni yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia bahkan para turis asing yang berkunjung ke Indonesia pun sangat-sangat antusias jika melihat budaya pertunjukan seni yang satu ini. Saat ini wayang golek lebih banyak dipertunjukan dan populer di daerah Jawa Barat. Wayang golek dibuat dari boneka kayu yang dikenal sebagai wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa. Pada saat pertunjukannya, sama saja seperti wayang kulit dengan menggunakan media dari seorang dalang. Dalang merupakan orang yang menggerakan wayang tersebut, juga sebagai pengisi suara dan akan menjelaskan tentang bagaimana pertunjukan dan kisah dari wayang, hingga menjadi lebih menarik untuk dipertontonkan.

Umumnya, pertunjukan wayang golek diceritakan beragam epik terkenal seperti dalam budaya Jawa yaitu cerita Ramayana dan Mahabarata. Cerita tersebut kemudian disampaikan dalam bahasa Sunda yang diiringi beserta gamelan salendro khas dari Jawa Barat. Selain itu, keunikan lainnya dari pertunjukan wayang golek Jawa Barat adalah iring-iringan suara sang sinden ketika menyanyikan lagu sebagai latar dari cerita.

Terlepas dari bagaimana dan cerita apa yang dibuat dari pertunjukan wayang golek, berikut ini adalah perkenalan untuk beberapa karakter wayang golek yang cukup terkenal senusantara. Apa saja?

1. Gatot kaca.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal
Sosok Gatot Kaca digambarkan sebagai sosok yang sangat sakti mandraguna. Bahkan saking saktinya, karakter ini mempunyai julukan yang sangat menempel diingatan kita, yaitu “ototnya otot kawat, tulangnya dari baja, dan dagingnya berisi besi”. Gatot Kaca juga digambarkan sebagai manusia sakti yang memiliki ilmu-ilmu seperti ilmu Brajamusti, aji pamungkas Krincing Wesi, hingga Bajingiring dan Garuda Ngapak. Berkat kemampuannya sebagai panglima perang dari Negara Pringgadani, kemampuan dan kekuatannya yang luar biasa menjadikan karakter Gatot Kaca menjadi lebih terkenal.
    

2. Hanoman.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal

Karakter Hanoman digambarkan sebagai tokoh berbentuk kera berbulu putih yang merupakan putra dari atara Guru dan Dewi Anjani Anoman. Hanoman juga termasuk karakter wayang yang cukup terkenal di pewayangan wayang golek. Hanoman juga memiliki banyak kekuatan, yang salah satunya adalah Aji Bayu Bajra. Kekuatan ini digambarkan dengan satu pukulan saja, kekuatan yang dihasilkan adalah ratusan kali lipatnya. Hanoman juga dikatakan mampu mengangkat gunung untuk menjepit tubuh musuhnya. Selain itu kekuatan lain yang dimiliki Hanoman diantaranya adalah ilmu Pancasona, Pancanaka, Bayu Rota, dan Sirna Bobot.

3. Arjuna.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal

Dicerita perawayangan dikatakan jika Arjuna adalah putra ketiga dari Dewi Kunti ini memiliki paras yang tampan sehingga banyak disukai wanita. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa karakter Arjuna sangat terkenal di kalangan peminat wayang. Selain itu, Arjuna juga hebat dan kuat dibandingkan Gatot Kaca dan Hanoman. Ya, kelebihan Arjuna ternya berasal dari senjata pusaka yang cukup banyak dia miliki seperti keris Pancaroba dan Ali-Ali Ampal, serta busur panah Pasopati. Dengan senjata-senjata yang ia miliki, sosok Arjuna tidak terkalahkan dan dikenal sebagai Panengah Pandawa, yang merupakan tokoh paling disegani.

4. Semar.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal

Semar dalam pewayangan wayang golek masuk menjadi urutan ke-4 wayang golek Nusantara yang dikenal sangat sakit dan memiliki banyak kekuatan. Sebenarnya sosok Semar digambarkan lebih menonjol pada kebijaksanaan yang ia miliki daripada kekuatannya sendiri. Semar juga digambarkan sebagai jelmaan dari Dewa Batara Ismaya yang bernama lengkap Semar Badranaya yang konon sangat berhati bersih, seputih wajahnya.

5. Cepot.

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal

Cepot adalah karakter wayang golek yang merupakan anak dari pasangan Semar dan Sutiragen. Cepot juga memiliki adik bernama Dewala dan Gareng. Berbeda dengan sang ayah yang bijaksana, Cepot memiliki watak yang humoris dan suka membanyol. Walaupun begitu Cepot juga sangat terkenal karena membawa kelucuan tersendiri pada saat jalannya cerita wayang yang dimainkan. Cepot digambarkan sebagai karakter yang penuh humor dan senang bercanda, namun tetap baik dan pintar.  Bahkan Cepot juga tidak ragu untuk berbuat hal lucu didepan raja dan dewa sekalipun. Sangat berani dan rendah hati.

Sebenarnya masih ada banyak tokoh dan karakter dari wayang golek nusantara yang cukup terkenal. Mungkin kita akan membahasnya lain waktu.

Nah bagaimana? Sungguh menarik bukan pengetahuan lainnya tentang wayang-pewayangan yang kita miliki. Selain itu wayang juga termasuk pertunjukan budaya Indonesia yang membuat kita bangga tentang keragaman dan keunikan Indonesia yang sampai membuat orang asing pun kagum terhadap budaya yang kita miliki.

 

Karakter Wayang Golek Indonesia Yang Paling Terkenal |

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...