Dec 15 2015

Inilah Ciri Khas dan Kebiasaan Unik Urang Sunda

Dari berbagai macam suku yang menempati wilayah Indonesia, ada salah satu suku yang paling terkenal di Jawa Barat yaitu Suku Sunda. Suku Sunda Priangan yakni meliputi daerah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang dan Bandung. Bagi kalian yang berada di luar daerah tersebut pasti tidak akan susah untuk menebak apakah dia orang sunda atau bukan karena urang sunda memiliki ciri khas yang unik, nah penasaran ? inilah kebiasaan unik orang Sunda yang mungkin sebagian orang belum tahu.

Ciri Khas dan Kebiasaan Unik Urang Sunda

sunda 2

  • Suka Mencampur Bahasa dan Logat yang Mudah Dikenali.

Jika kalian memiliki teman ataupun kerabat urang sunda pasti kalian sering sekali mendengar mereka suka mencampur bahasa. Entah itu bahasa sunda-indonesia atau bahkan bahasa sunda-inggris. Hal ini dikarenakan orang sunda biasanya tidak akan lepas dari kata “mah, teh, nya, da, atuh, ceunah, sok”, misalnya : da aku mah apa atuh, jangan siang teuingnya kesininya. Sepertinya lidah urang Sunda memang sudah terpatri dengan kata-kata tersebut. Tanpa kata penghubung tersebut ketika berbicara, rasanya mungkin seperti ada sesuatu yang hilang.

  • Tidak bisa makan Tanpa Lalaban dan Sambel.

Jika kalian berkunjung ke rumah makan Sunda pasti kalian akan menemukan makanan pendamping khas Sunda yaitu lalaban, lalaban yang terdiri dari sayuran-sayuran hijau mentah sebagai pendamping yang rasanya enak dan nikmat. Selain harus ada lalab, makanan pendamping lain yang harus ada juga yaitu sambel. Bagi orang Sunda makan nasi timbel atau liwet tidak nikmat jika tidak ada kedua makanan pendamping tersebut.

  • Ramah dan Murah Senyum.

Urang Sunda tidak akan pernah ragu melempar senyumnya kepada kalian walaupun kalian tidak saling mengenal. Jika kalian bermain ke daerah Jawa Barat pasti kalian akan bertemu dengan orang-orang yang ramah dan membuat kalian semakin betah karena kemurahan hatinya. Seperti admin, yang asli Sunda pasti disenyumin terus. Hehehe

sule

  • Urang Sunda Humoris.

Rasanya ini sudah tidak asing lagi yah, banyak sekali pelawak yang berasal dari daerah Sunda contohnya saja Kang Sule. Kang Sule merupakan pelawak Asli Bandung yang sangat terkenal karena kelucuannya yang membuat orang terpingkal-pingkal. Tidak hanya Kang Sule, urang Sunda lainnya juga sangat humoris dan sangat suka sekali bercanda karena sifat mereka yang dikenal selalu periang.

  • Boros dan Susah Menabung.

Nah, yang satu ini jangan ditiru yah. Kebanyakan orang Sunda itu boros dan susah menabung, banyak dari urang Sunda jika memiliki uang banyak pasti saja langsung dibelanjakan. Akan tetapi walaupun boros, pasti mereka tidak akan lupa pada saudara (adik-kakak)nya dan tidak semua urang Sunda boros yah tetap kembali pada pribadi masing-masing.

  • Nama-Nama yang Khas Sunda.

Kebanyakan orang tua dulu menamakan anak-anaknya dengan nama-nama seperti : Aang, Asep, Ai, Cecep, Eneng, Esih, Euis, Imas, Iteung, Lilis, Tati, Ujang, Yuyu, dll. Sehingga nama tersebut menjadi nama khas ciri urang Sunda. Selain itu juga ciri khas nama-nama sunda yakni namanya sering diulang-ulang seperti : Ajat Sudrajat, Wawan Gunawan, Didi Mulyadi, Yayah Komariah, Nani Sumarni, dan masih banyak lagi.

  • Tidak Suka Merantau.

Berbeda dengan yang lainnya yang selalu ingin menambah pengalaman baru, orang sunda cenderung tidak suka untuk merantau ke daerah lain. Karena mereka berpikir buat apa keluar dari daerah karena daerah mereka lah yang justru diminati para perantau. Pendidikan, hiburan, pantai, gunung, persawahan, mall-mall semua yang diperlukan semua nya ada di Jawa Barat. Karena hal tersebut menyebabkan urang Sunda malas merantau.

  • Katanya Tidak Bisa Membedakan Pelafalan Ucapan Huruf F dan V.

Kebiasaan orang Sunda selalu menukar huruf F atau V menjadi huruf P, misalnya : Transfer jadi transper, Fitnah-pitnah, TV- Tipi, dan lain-lainnya. Walaupun demikian cara berbicara urang Sunda yang satu ini menjadi hal yang unik.

atalia ridwan kamil

  • Orang nya Cakep, Kalem dan Sopan.

Mojang Sunda memang sudah dikenal parasnya yang cantik, putih mulus & menarik. Walaupun tidak semua orang Sunda kulitnya putih mulus ya banyak kok kulit nya sawo matang juga tapi tetep akan terlihat manis dan cantik. Urang Sunda juga dikenal dengan pembawaannya yang kalem dan sopan cenderung tidak ingin mencari masalah.

  • Bobotoh Persib Sejati.

“PERSIB mah segala-galanya bagi saya, Karena PERSIB total ke BOBOTOH, maka saya pun total ke PERSIB.” – Almarhum Ayi Beutik (Panglima Viking). Bagi sebagian warga Jawa Barat Persib sudah mendarah daging, mendukung Persib sudah dilakukan dari generasi ke generasi. Jadi tak heran bila Persib sedang bertanding, sebagian jalanan akan sepi karena mata tertuju satu pada pertandingan Persib.

Baca juga : 5 Suku yang Keberadaannya Masih Menjadi Mitos

Jangan heran jika kamu bertemu dengan orang sunda mengucapkan sesuatu yang sama tapi berbeda-beda pengucapannya, karena bahasa sunda terdiri dari sunda kasar dan halus dan memiliki tingkatan. Misalnya saja kata “aku”, bila dalam bahasa sunda halus yaitu “abdi” sedangkan dalam bahasa sunda kasar yaitu “aing/urang” dan setiap daerah memiliki logat yang berbeda-beda, jadi jangan bingung lagi yah. Sebenarnya masih banyak keunikan dari orang sunda lainnya, kita akan bahas lebih banyak lagi di artikel berikutnnya, nantikan artikel budaya.ijomuda lainnya. Semoga dapat menambah wawasan anda, SEMOGA BERMANFAAT

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...