Dec 29 2016

Ini Sejarah Permainan Dari Pemanggil Hantu, Jelangkung

Anda pasti mengenai salah satu cerita mistis dari permainan pemanggil hantu, Jelangkung. Bahkan mungkin pernah menonton filmnya yang katanya menyeramkan itu. Namun siapa sangka, permainan yang ada di film ini ternyata sungguhan ada! Permainan pemanggil hantu ini dilakukan dengan menggunakan media boneka, ang teruat dari batok kelapa yang sudah didandani mirip orang-orangan. Di bagian tengah bonekanya diberi tempelan alat tulis yang nantinya akan digunakan sebagai alat berkomunikasi si pemain dan jelangkung.

Ini Sejarah Permainan Dari Pemanggil Hantu, Jelangkung

Sebelumnya : 7 Tradisi Miris Yang Dilakukan Pada Hewan

Pada saat persiapan sudah lengkap, orang yang akan bermain berkumpul bersama membentuk lingkaran mengelilingi jelangkung sambil berucap mantra beberapa kali. Tapi sebenarnya bagaimana permainan ini tercipta? Dan bagaimana sejarah dari permainan jelangkung ini?

— Mengenal sejarah permainan Jelangkung.

Istilah permainan jelangkung sudah ada sejak zaman dulu dan dikenal dengan nama cay lan gong. Permainan kuno yang satu ini juga menggunakan boneka keranjang yang konon katanya dimasuki arwah Tiongkok. iduga hubungan kerajaan Nusantara dengan pedagang Tiongkok di masa lalu menyebabkan permainan mistik ini datang dan mengakar di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, permainan ini kemudian sudah tidak dimainkan lagi di Tiongkok, dan justu malah menjadi salah satu permainan khas di Indonesia. Mereka yang melakukan permainan Jelangkung merasa penasaran apakah hal ini benar atau tidak.

— Fungsi Permainan Jailangkung.

Pada awalnya permainan ini hanya digunakan untuk sekadar kesenangan saja. Namun dari waktu ke waktu permainan ini jadi sedikit disalahgunakan. Misalnya saja digunakan untuk uji nyali dan mencari apakah ada hantu yang ada di sekitarnya atau tidak. Terkadang mereka juga sengaja memanggil hantu untuk dimintai tolong untuk menunjukkan nomor togel yang akan keluar esok hari.

Di Minangkabau, permainan Jelangkung digunakan sebagai hiburan, dan biasanya dilakukan saat upacara pernikahan. Di beberapa daerah lain, jailangkung digunakan untuk mengganggu orang sehingga kasus-kasus seperti kerasukan kerap terjadi dan meresahkan banyak orang.

— Jelangkung dalam budaya dan masyarakat Indonesia.

Permainan Jelangkung tidak dapat dihilangkan begitu saja dari masyarakat di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang menyukai mistisme. Banyak yang percaya dengan hal-hal berbau gaib seperti Jelangkung. Bahkan dengan berjalannya waktu, media yang digunakan hanya berupa pensil dan juga kertas. Anak-anak di sekolah kerap melakukannya untuk ajang iseng atau senang-senang.

Sekarang bahkan masih banyak masyarakat yang menyukai permainan ini. Terbukti dari cerita fiksi dan juga film tentang Jelangkung akhirnya dibuat. Dibuatnya cerita dan juga film menunjukkan betapa kuatnya Jelangkung dalam masyarakat di Indonesia. Bahkan bisa dibilang sudah masuk dalam budaya dan kehidupan sehari-hari.

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...