Jan 14 2017

Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

Definisi dari sebuah festival umumnya adalah perayaan yang meriah dan menyenangkan. Berkumpulnya orang-orang dalam sebuah festival, menyemarakan acara tersebut dengan berbagai acara lainnya, sampai semua peserta berbahagia satu sama lain dengan para pengunjungnya. Namun berbeda dengan festival yang satu ini. Festical acchanalia, adalah festival zaman yunani kuno yang katanya nyeleneh, unik dan gila. Bayangkan saja, di acara festival ini terdapat ritual dimana para peserta akan bertukar pasangan dan saling melakukan hubungan intim di depan publik. Sungguh gila kan?

Festival Bacchanalia ini berlangsung pada masa kejayaan Babylonia kuno. Festival tersebut juga sengaja diadakan sebagai bentuk pemujaan terhadap Bacchus. Lalu, siapakah Bacchus?

Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

— Bacchus, Sang Dewa Anggur.

Bacchus dikenal sebagai dewa anggur (arak). Selain itu, ia juga dikenal sebagai dewa teater, mabuk, dan dewa pesta serta kegembiraan. Mitos Yunani menyebut jika Bacchus atau Dionisos ini merupakan putra dari Zeus dan Semela. Namun ada mitos lain yang menyebutkan hal berbeda. Mitos lain itu menyebutkan bahwa Bacchus adalah putra Zeus dengan Persefone, seorang ratu dari dunia orang yang sudah mati.

Dalam seni klasik, sosok dewa yang satu ini banyak terdapat di wadah minuman anggur di masa Yunani klasik. Pada masa Hellenistik, sosoknya digambarkan sebagai seorang pemuda yang mirip perempuan. Bahkan kadang digambarkan dalam keadaan telanjang.

— Diadopsi dari Yunani lalu ditetapkan sebagai bagian dari ritual Agama.

Bacchanilia ini diadopsi dari Yunani. Lalu dijadikan sebagai bagian dari ritual agama. Hal ini sebenarnya memang aneh, mengingat di festival ini ada ritual ‘mesum’ dan pesta maksiat yang dilakukan. Festival ini sendiri merupakan bagian dari sebuah sekte. Saat dilangsungkan, orang-orang dan pengikut sekte yang hadir akan melakukan adegan ranjang di muka umum bersama-sama. Aksi ini digadang-gadang sebagai bagian dari ritual kesuburan. Orang-orang dalam pesta itu bisa bebas bertukar pasangan dan berhubungan dengan siapa saja. Kalau bosan dengan pasangan tertentu bisa langsung memilih pasangan yang lain. Gilanya lagi, konon pasangan yang dimaksud tak terbatas pada manusia saja. Tapi juga hewan seperti kuda.

Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

— Awalnya festival ini diperuntukan untuk wanita.

Festival ini diadakan untuk menghormati kelahiran Tammuz. Tammuz adalah putra Ishtar, seorang ratu surga. Sementara itu Bacchus sendiri dikenal sebagai dewa wine juga dewa kesuburan. Itulah alasan mengapa di festival ini, wine dan hal-hal yang berbau seks jadi bagian yang tidak terpisahkan. Semua bersenang-senang dalam candu minuman keras dan nafsu duniawi.

Festival Bacchanalia awalnya diselenggarakan secara rahasia. Dan hanya boleh dihadiri oleh wanita saja. Diselenggarakan di siang hari selama 3 hari (sekitar tanggal 16 Maret atau 17 Maret) di sebuah hutan kecil Simila dekat Aventine Hill. Tak lama kemudian, para pria juga diperbolehkan mengikuti festival dan perayaan dilakukan lima kali sebulan. Di dalam festival ini, orang-orang dari berbagai kelas sosial, usia, dan jenis kelamin dalam sekte yang sama bisa hadir.

Karena sosok Bacchus selalu dikaitkan dengan cinta siklus kesuburan alam. Tak hanya itu saja, dia juga sering dikaitkan dengan prostitusi suci. Agak janggal, sesuatu yang sebenarnya bertentangan dengan nilai-nilai moral malah dianggap sebagai sesuatu yang suci. Tapi itulah yang mereka percayai.

Semoga kita bisa mengambil nilai positifnya dari artikel diatas, salam.

Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila |

  • 7 Tradisi Miris Yang Dilakukan Pada Hewan

    Anda mungkin berpikir bahwa penyiksaan hewan-hewan hanya terjadi di daerah-daerah yang belum tersentuh peradaban. Namun jangan salah, banyak dari contoh negara-negara berkembang...

  • 5 Mitos Keliru Masyarakat Tentang Suku Dayak

    Suku Dayak, termasuk salah satu suku yang hampir dikenal oleh semua masyarakat Indonesia, bahkan kepopulerannya telah sampai ke luar negeri. Mengenai suku...

  • Intip Tradisi “Seker Bayrami” Perayaan Idul Fitri di Turki Semakin Manis

    Siapa sih yang tidak mengenal negara Turki ? Negara indah yang terletak di perbatasan Asia-Eropa ini memiliki tradisi unik dalam merayakan Idul...

  • Tradisi “Mayha” di Negara Turki yang Terlihat Indah Saat Bulan Ramadhan

    Siapa sih yang tidak terkenal dengan negara turki ? Letak geografisnya yang berada diantara dua benua yaitu benua Asia Barat Daya dan...