Jan 12 2017

Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka menyimpan jenazah leluhur mereka begitu lama, menjaga, mengawetkan dan merawatnya sedemikian rupa. Namun, mumi-mumi yang terdapat di Papua tidak seperti mumi-mumi yang kita tahu dari film-film seperti dibalut perban dll. Biasanya keadaan mumi Papua itu masih sangat utuh, berbentuk seperti manusia asli dan berwarna kehitaman.

Lebih menariknya lagi, mumi-mumi dari Papua ini juga menyimpan beberapa fakta menarik yang harus tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Berikut adalah Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua.

Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

1. 6 Mumi.

Fakta bahwa terdapat 6 mumi secara keseluruhan di Wamena saat ini. Ke-6 mumi ini tersebar di distrik Krulu dan Asolagaima. Mumi-mumi tersebut ditempatkan di Rumah Honai, yaitu rumah adat para suku Dani, yang memang bermukim di Wamena. Hal ini tentu membuat mumi-mumi tersebut kian unik, karena tak seperti mumi Mesir yang biasanya disimpan di peti.

2. Dewa.

Sampai saat ini warga Papua masih setia dalam menjalankan ritual kesukuan mereka, walalupun sejatinya sudah menganut kepercayaan Kristen atau Katholik. Hal ini merupakan bentuk penghormatan warga setempat pada tradisi leluhur, termasuk mumi, yang dianggap sebagai keturunan dewa. Bahkan menurut salah seorang warga setempat, mengatakan jika “Masyarakat Papua tetap percaya Tuhan, namun mereka sangat menghormati apa yang telah menjadi adat budaya leluhur mereka.”

Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

3. Usia Mumi.

Berdasarkan penelitian, mumi di Papua sudah berusia sampai ratusan tahun. Bahkan ada juga sebuah mumi milik suku Dani yang diperkirakan sudah berumur kurang lebih 3 Abad.

4. Berkah.

Kehadiran mumi bagi masyarakat Papua juga dianggap akan membawa berkah. Pasalnya, mumi-mumi tersebut, semasa hidup adalah anggota suku yang berpengaruh atau panglima perang di zaman kuno. Sebelum meninggal, mereka biasanya berpesan agar mayatnya dijadikan mumi dan bisa terus mendampingi suku tempat ia bermukim.

5. Penyimpanan Mumi.

Mumi yang kita tahu biasanya disimpan di dalam sebuah peti. Namun Mumi di Papua, disimpan dalam ruangan terbuka dan posisi mumi-mumi tersebut dalam keadaan duduk. Selain itu, mayat yang usianya telah ratusan tahun tersebut juga akan diabadikan dalam kondisi mulut terbuka lebar. Tidak ada alasan khusus mengapa posisi tersebut dipilih, namun yang jelas proses mumifikasi dilakukan sepenuhnya dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

6. Tidak boleh sembarangan diambil fotonya.

Jika Anda tertarik untuk kemudian pergi ke desa di Papua dimana terdapat mumi, bisa berpikir dua kali hanya untuk mengambil gambarnya. Pasalnya, pengambilan gambar dari mumi-mumi tersebut cukup mahal. Biasanya saja, wisata rombongan harus membayar sekitar 2,5 juta rupiah, sementara mereka yang berkunjung sendiri / individu dikenakan biaya 1-1,5 juga rupiah.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share jika kalian menyukainya! 🙂

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...