May 19 2016

Fakta Menarik dan Makna dari Tari Kecak Bali

Siapa sih yang tidak mengenal tari kecak Bali ? Tari Kecak merupakan salah satu tari tradisional dari Bali yang sangat memukau para penonton. Keunikan nya ini berasal dari gerakan serta kemistikan dalam pertunjukan membuat tarian ini menjadi daya tari bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Pulau Bali.

tari kecak bali

Asal-Usul Tari Kecak

Tari Kecak diciptakan pada kisaran tahun 1930 oleh seorang penari sekaligus seniman dari Bali yaitu Wayan Limbak dan Waltern Spies seorang pelukis dari Jerman. Tarian ini pada awalnya tercipta secara tidak sengaja yang diambil dair sebuah tarian adat pemujaan yang dikenal dengan sebutan Sanghyang yang bertujuan untuk menolak bala serta mengusir wabah penyakit.

Dari sebuah pementasan Sanghyang tersebut kemudian Wayan Limbak bersama Walter Spies berinovasi untuk menciptakan gerakan tari sebagai salah satu wujud kecintaan mereka terhadap budaya dan kesenian bali. Salah satu gerakan tarian ini yaitu penari (yang umunya laki-laki) duduk melingkar serta mengucapkan “cak-cak-cak-cak” secara serentak, oleh karena itu tarian tersebut dikenal dengan sebutan “Tari Kecak”.

Makna Tari Kecak

Gerakan tari kecak banyak menggunakan tangan yang mengisahkan sebuah cerita Ramayana yakni pada peristiwa Dewi Shinta diculik oleh Rahwana, hingga akhirnya pertunjukan akan ditutup dengan kisah pembesan Dewi Shintha dari tangan Rahwana. Untuk membuat tarian ini lebih hidup biasanya muncul beberapa tokoh yang berperan sebagai Hanoman, Sugriwa, Dewi Shinta, Rhama dan Rahwana.

Uniknya dalam tari kecak ini, hampir tidak ada alat musik pengiring tari kecak kecuali suara gemerincing serta serta suara para penari  yang mengucapkan “cak-cak-cak-cak”. Meskipun demikian pertunjukan Tari Kecak tetap menarik karena menghasilkan suara yang bersahut-sahutan dan kadang kala kompak membuat nada yang unik dengan diiringi gerakan tarian yang dilakukan oleh para penari.

tari kecak bali2Para penari biasanya akan memakai selendang/kain yang memiliki corak kotak-kotak dengan warna hitam putih menyerupai papan catur, para penari juga biasanya memakai gelang kincringan yang dikenalan pada pergelangan tangan dan kaki sehingga menimbulkan bunyi gemerincing pada saat gerakan tari di lakukan. Selain hal tersebut saat pertunjukan berlangsung sering terdapat tempat sesaji, topeng Hanoman, Sugriwa dan Rahwana.

Fungsi dan tujuan dari Tari Kecak yaitu :

  • Sebagai upacara, yang bersifat turun-temurun dari generasi ke generasi yang masih dijaga sampai saat ini.
  • Sebagai hiburan, yang layak di tonton dan memiliki tujuan hiburan pribadi yang lebih mementingkan kenikmatan dalam menarikan.
  • Sebagai sarana pertunjukan, tari kecak berfungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam penyampaian pesan dan menerima pesan.
  • Sebagai sarana pendidikan, tari kecak juga dijadikan sebagai sarana pendidikan dalam mengajarkan di sekolah-sekolah formal.

Baca Juga : WOW !! Inilah 9 Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia

Jika kalian sedang berlibur di Pulau Dewata Bali, tidak salahnya anda untuk melihat pertunjukan Tari Kecaksecara langsung di beberapa wilayah Bali seperti Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, Ubud dan Gianyar Bali. Semoga anda dapat menambah kecintaan anda terhadap Budaya Indonesia. SEMOGA BERMANFAAT

| Fakta Menarik dan Makna dari Tari Kecak Bali

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...