Dec 9 2016

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

Jika Anda orang Jawa, patutlah berbangga dengan bahasa daerah yang kalian miliki. Tidak hanya untuk orang Jawa saja sih, orang-orang di daerah manapun di Indonesia bahkan dunia memang sudah seharusnya bangga dengan bahasa yang mereka miliki. Namun kali ini, pada situs Budaya Ijo Muda, disini saya akan berbagi fakta tentang salah satu bahasa yang terbanyak digunakan di Indonesia, yaitu bahasa Jawa yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut selengkapnya.

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

1. Bahasa yang digunakan oleh banyak pengguna, bahkan di luar negeri.

Pada tahun 2013 lalu, bahasa Jawa dinyatakan sebagai bahasa dengan penutur ke-10 terbanyak di seluruh dunia. Bahkan, bahasa Jawa pernah dianggap memiliki penutur tersendiri, dari bahasa nasionalnya sendiri. Berdasarkan data pada tahun 2000, diketahui jika Bahasa Jawa digunakan oleh 85 juta jiwa, sedangkan bahasa nasional kita, bahasa Indonesia, digunakan oleh 77 juta jiwa.

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

Fakta lainnya adalah bahwa Bahasa Jawa bukan hanay digunakan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri, contohnya adalah Suriname. Di Suriname, tercatat menjadi sebuah negara dengan julah penduduk yang sebagian besar adalah orang Jawa. Hal ini dikarenakan migrasi besar-besaran yang dilakukan orang Jawa dulu, karena perlakukan dari penjajahan Belanda saat itu. Selain itu, Anda juga dapat menemukan mereka yang berbahasa Jawa dalam kesehariannya di Belanda, Cocos Island, Malaysia, Singapura dan Nouvelle Celedonie.

2. Bahasa Jawa memiliki keragaman dialek (logat).

Bahasa Jawa memiliki keunikan dari tema logat atau dialek yang mereka miliki. Walaupun sama-sama orang Jawa, tapi logat dan bicara tiap-tiap orang perdaerah juga berbeda. Ini terjadi karena perkembangan dialetika Bahasa Jawa yang dipengaruhi oleh persebaran masyarakat yang memakainya. Misalnya saja, orang Jawa di daerah barat Pulau Jawa akan berbeda dialektikanya dengan penduduk Jawa Tengah yang terkenal lembut ataupun di Jawa Timur yang cenderung lebih kasar.

Penduduk Banten, Serang serta Cilegon, memiliki khas-nya masing-masing dalam melantunkan huruf ‘e’, misalkan kata ‘kula’ (artinya ‘saya’) dibaca ‘kule’, kata ‘pira’ (artinya ‘berapa’) dibaca ‘pire’. Dialek Tegal dan Banyumas dikenal dengan bahasa ngapak memiliki ciri khas dengan kosakata ‘inyong’ (‘saya’), ‘kepriwe’ dan ‘kepriben’ (‘bagaimana’). Sementara itu, Bahasa Jawa di Surakarta dan Yogyakarta merupakan Bahasa Jawa yang dipakai secara standard untuk pengajaran Bahasa Jawa nasional. Ciri khasnya adalah dialektikanya yang serupa dialektika mataraman.

3. Bahasa Jawa memiliki tingkatan untuk penghormatan pada lawan bicara.

Bahasa Jawa standard memiliki 4 tingkatan, yaitu ngoko (kasar), madya (biasa), krama (halus) dan krama inggil (halus sekali). Beragam tingkatan ini digunakan menurut siapa yang menjadi lawan bicara. Pengucapannya tergantung dengan siapa kita berbicara, baik secara lisan maupun tulisan. Acuan yang digunakan untuk tingkatan ini biasanya berdasarkan usia, ketika kita berbicara kepada yang lebih tua atau kepada yang lebih muda bahasa Jawa yang digunakan juga harus disesuaikan, karena dianggap bentuk kesopanan.

Bahasa Jawa Ngoko, dipergunakan saat kita sedang berbicara dengan sesama, atau yang lebih muda. Sedangkan bahasa Jawa Krama dan Krama Ingil, digunakan untuk berbicara pada yang lebih tua. Perbedaan ini dapat terlihat dari penggunaan kata sapaan serta kata kerja. Misalnya, kata sapaan ‘kamu’, kepada orang yang seumuran atau lebih muda digunakan kata sapaan ‘kowe’, sedangkan saat berbicara dengan yang lebih tua digunakan kata sapaan ‘sampeyan’, dan untuk yang lebih tua lagi digunakan sapaan ‘panjenengan’.

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

4. Bahasa Jawa dapat ditulis dalam alphabet, aksara jawa dan arab-pegon.

Fakta menarik lainnya dari Bahasa Jawa adalah, Bahasa Jawa dapat ditulis melalui beberapa tulisan seperti lphabet, aksara jawa dan juga arab-pegon. Huruf Jawa yang merupakan turunan Aksara Brahmi berkembang pada masa Hindu-Budha. Terkadang Aksara Jawa juga dikenal sebagai huruf Hanacaraka yang mengacu pada huruf-huruf pertama Aksara Jawa ini.

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

Baca juga : Pesona Kain Batik Motif Besurek Terinspirasi Ayat Al-Quran

5. Bahasa Jawa yang memiliki kekayaan turunan kata.

Bahasa Jawa termasuk salah satu bahasa daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan kosakata. Untuk penyebutan satu macam benda, Bahasa Jawa bisa memiliki beragam kata untuk menjelaskannya dari berbagai sudut pandang.  Misalkan menyebut benda ‘padi’, dalam bahasa Indonesia hanya ada satu kosakata, yakni ‘padi’ dan yang paling mungkin turunannya adalah ‘beras’ dan ‘nasi’. Dalam Bahasa Inggris, padi disebut sebagai  ‘paddy’ dan turunannya adalah ‘rice’.

Dalam bahasa Jawa, dari hanya kosakata ‘padi’, memiliki beragam turunan kata, diantaranya pari’ digunakan untuk menyebut padi yang masih ada di pohon, ‘gabah’ disebut untuk padi yang sudah dipetik, ‘beras’ untuk padi yang sudah dikupas kulitnya dan utuh, ‘menir’ untuk butiran beras yang pecah, ‘sego’ untuk beras yang sudah dimasak, ‘aking’ untuk nasi yang dikeringkan, ‘upo’ untuk sebutir nasi yang sendirian, dan lain sebagainya. Banyak sekali ya? Kata-kata yang berbeda, menjadi penjelasan tentang bagaimana kondisi padi saat itu.

Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum |

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...