Nov 23 2016

Bukti Bakti Istri Pada Suaminya Yang Meninggal Di India

Sungguh aneh ketika saya membaca sebuah artikel tentang tradisi Sati di India. Pasalnya tradisi ini mengacu pada kepatuhan dan kesetiaan pada wanita India pada suaminya. Tradisi Sati ini adalah sebuah ritual yang dilakukan dalam pengorbanan yang istri terhadap suaminya yang telah meninggal dunia. Yang paling membuat shock adalah para wanita yang suaminya meninggal tersebut akan melakukan cara kematiannya sendiri dengan melompat langsung pada bara api kremasi suaminya sendiri.

Untuk kita sendiri, mungkin ini adalah hal konyol, tapi bagi masyarakat India terdahulu sebenarnya tradisi Pati ini dianggap adalah hal yang sangat mulia dan bahkan setara dengan tindakan kepahlawanan. Dan berikut ini mari kita ketahui lebih banyak mengenai tradisi Sati yang merupakan bukti dari istri yang berbakti pada suaminya yang meninggal di India.

Bukti Bakti Istri Pada Suaminya Yang Meninggal Di India

— Dinilai sebagai bentuk cinta dan taatnya seorang istri pada suami.

Dalam cinta dan kesetiaan, akan selalu ada pengorbanan yang menyertainya. Begitu juga bagi orang-orang India, terutama bagi wanitanya. Ungkapan mengenai setia sehidup semati ini benar-benar terjadi pada mereka. Kesetiaan pada wanita yang suaminya meninggal, akan dibuktikan dengan para wanita yang melakukan Sati, yaitu mengikuti jalan suaminya untuk meninggal dengan melompat pada bara api kremasi suaminya sendiri. Masyarakat pun menganggap hal demikian adalah luar biasa, dan mereka pasti dikenang sebagai wanita hebat.

— Terhindar dari fitnah dan cercaan orang sekitar.

Tidak hanya sebagai bukti dari kesetiaan saja, tradisi Sati juga dianggap sebagai cara paling baik untuk menghindari lingkungan sosial yang kerap kali menyudutkan para kaum wanita janda. Untuk menghilangkan anggapan-anggapan berbahaya yang bisa saja meluas di masyarakat, maka Sati adalah jalan yang paling tepat untuk menghapus stigma bagi si istri yang ditinggalkan. Bahkan yang tadinya sebuah cercaan, dapat berbalik menjadi sebuah pengakuan kesetiaan yang hebat. Selain itu Satu dilakukan untuk menghindarkan istri dari hal-hal amoral.

— Prosesi tradisi Sati yang menegangkan.

Saat Sati dilakukan bersama kremasi pambakaran jasad suami, hal ini tentu menjadi momen yang cukup menegangkan. Dalam beberapa kasus memang yang lebih umum si istri langsung saja melompat pada bara api dan membiarkan dirinya terbakar hingga menjadi abu. Dalam momen lainnya bagkan bisa dibilang cara mereka adalah cara yang dilakukan dengan membuat hati kita terenyuh. Ada yang melakukannya dengan memangku jasad suami kemudian berjalan sendiri mendekati api yang menyala-nyala untuk membakar keduanya sampai habis.

— Tradisi Sati yang tidak dilakukan hanya oleh istri saja.

Berdasarkan fakta lainnya, ternyata Sati ini tidak hanya dilakukan oleh seorang istri. Biasanya orang-orang yang melakukan sati bisa dilakukan oleh ibu, saudara wanita dan sebagainya. Bahkan jika misalnya si suami yang meninggal tadi memiliki istri lain, maka ia pun harus turut serta dalam melakukan tradisi Sati. Jika Sati yang dilakukan oleh pihak istri melambangkan sebuah kesetiaan dan bakti bagi suaminya, jika mereka yang bukan istri, misalnya ibu adalah lambang dari kasih sayang pada anaknya yang luar biasa.

Sekarang ini, dalam menunjukkan kesetian dan kebaktian istri pada suaminya, sebenarnya tidak cukup sampai begitu. Cukup dengan merawat anak-anak hingga tumbuh besar dan membanggakan adalah cara kebanggaan yang luar biasa dari istri pada suaminya. Lagipula tradisi Sati di India kuno yang berari Sati adalah setia, sudah tidak dilakukan lagi sekarang ini.

Baca juga : Tradisi Unik Saat Gerhana Di Indonesia

Bukti Bakti Istri Pada Suaminya Yang Meninggal Di India |

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...