Nov 5 2016

Alasan Dibalik Tradisi Pernikahan Mayat Di Tiongkok

Mungkin Anda pernah mendengar tentang pernikahan mayat yang dilakukan masyarakat Tiongkok Cina. Terdengar aneh bukan? Tapi hal ini memang terjadi, terutama di provinsi Shanxi dan Henan dimana mereka masih mempercayai jika seorang laki-laki yag kemudian meninggal tanpa sempat menikah, akan membawa petaka dan nasib buruk bagi keluarganya.

Untuk menangkal nasib buruk tersebut, kepercayaan yang sudah turun menurun ini kemudian memilih untuk mencarikan mayat wanita yang dapat dinikahkan dengan anaknya. Biasanya mayat tersebut dibeli terlebih dahulu dari keluarga wanita, pengepul atau bahkan pencuri dari kuburan. Baru setelah mayat di dapatkan acara pernikahan akan dilaksanakan dengan meraih.

Alasan Dibalik Tradisi Pernikahan Mayat Di Tiongkok
1. Sejarah dari tradisi pernikahan mayat.

Tradisi ini dimulai sudah sejak lama, diperkirakan sudah ada sejak 3.000 tahun silam. Praktir menikahkan mayat ini dilakukan agar sang pria tidak kesepian di dunia arwah. Selain itu kepercayaan mereka yang membuat mau tidak mau keluarga harus melaksakannya adalah jika arwah merasa kesepian, maka mereka bisa membuat keluarga yang ditinggalkan mengalami kesialan.

Jika dulu untuk mendapatkan mayar harus melalui keluarga dari sang mayat yang akan dinikahkan, dan biasanya dari pihak wanita lah yang akan dengan sukarela menawarkan diri. Harga dari mayat wanita umumnya bervariasi, mulai dari pemberian uang dengan jumlah yang telah disepakati, perhiasan bahkan rumah mewah.

2. Sudah dilarang, tapi dilakukan lagi.

Sebenarnya penikahan mayat ini sudah pernah dilarang pada masa pemerintahan Mao Zedong karena dianggap tidak benar. Namun setelah Mao mundur, praktik ini dilakukan kembali dan bahkan warga jadi semakin yakin kalau kesialan yang mereka alami akibat dari tidak dilakukannya tradisi tersebut. Selama beberapa waktu akhirnya pernikahan mayat menjadi bagian yang penting yang dilakukan masyarakat Tiongkok. Bahkan sampai menjadi salah satu mata pencaharian oleh pihak. Mereka biasanya akan meminta seseorang untuk mencarikan mayat yang akan dinikahkan dengan mayat anaknya. Nah dari sinilah akhirnya mencarikan mayat sebagai salah satu pekerjaan yang dilakukan bagi sebagian orang untuk mendapatkan uang.

Alasan Dibalik Tradisi Pernikahan Mayat Di Tiongkok
3. Pembunuhan wanita untuk pernikahan mayat.

Yang ini adalah tindakan yang sangat tidak manusiawi. Bagaimana mungkin jika mereka tidak bisa mendapatkan mayat wanita untuk pernikahan anak laki-lakinya yang telah meninggal, melakukan cara yang keji dengan membunuh wanita yang tidak bersalah untuk menjadi pengantin mayat. Namun hal ini tidak bisa dibantahkan, kondisi ini dianggap cara yang paling mudah untuk dilakukan demi mendapatkan stok mayat oleh para penjual mayat tersebut.

Alasan Dibalik Tradisi Pernikahan Mayat Di Tiongkok
Biasanya mereka akan memilih wanita-wanita yang memiliki keterbelakangan mental, dengan diiming imingi makanan atau mainan yang akhirnya wanita tersebut mau untuk diajak ikut. Setelahnya, ya kalian bisa bayangkan apa yang terjadi pada mereka. Kasian sekali ya, tapi mau bagaimana lagi. Hal itu sepertinya sudah umum dilakukan disana.

Baca juga : Kebiasaan Menyimpan Uang Orang Indonesia Yang Unik

Jadi, Anda sudah tidak penasaran lagi kan tentang Alasan Dibalik Tradisi Pernikahan Mayat Di Tiongkok. Nah, semoga dapat bermanfaat dalam nilai hal positifnya saja. Sampai jumpa di artikel kebudayaan menarik lainnya.

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...