Jan 10 2017

Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang tahu jika di sudut Jakarta, terdapat adat budaya yang merupakan perkawinan dari Betawi dan Portugis, yang disebut ritual Mandi-mandi.

Tepatnya di Kampung Tugu, Jakarta, Ritual Mandi-mandi adalah tradisi yang dilakukan secara turun-temurun hingga sampai sekarang ini. Kegiatan ini dilakukan oleh Kaum Mardjikers, namun semua orang boleh hadir dan mengikuti acara ini tanpa terkecuali. Kaum tersebut merupakan mantan tentara yang ditahan oleh belanda di Malaka. Kata ‘Mardjiker’ sendiri dipercaya menjadi cikal bakal kata ‘Merdeka’ yang berarti bebas. Dibebaskan oleh Pemerintah Belanda, Mardjike yang adalah penganut agama katolik diminta untuk pindah ke protestan.

Seperti tradisi Betawi umumnya, tradisi Mandi-mandi juga dilengkapi dengan pagelaran musik Keroncong Tugu. Namu karena tradisi ini tidak seluruhnya Betawi, dan ada beberapa sentuhan budaya Portugis, kira-kira seperti apa ritual tersebut?

Ritual Mandi-mandi adalah kegiatan pembuka awal tahun dengan saling memaafkan. Simbolnya dengan menggunakan bedak yang terlebih dahulu sudah dicairkan. Kemudian ketua kelompok dari Mardjikers akan memulainya dengan mengoleskan ke salah satu peserta keturunan Portugis.

Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi
Budaya ini dianggap sebagai pengingat. Generasi-generasi sekarang diajak untuk mengenal budayanya lebih dekat. Setelah itu baru semua peserta boleh saling menorehkan bedak di wajah satu sama lain. Dan dimulailah ritual Mandi-mandi!

Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi
Budaya Betawi dapat terlihat dengan pakaian kebaya yang digunakan oleh Kaum Mardjikers. Tidak hanya itu, kuliner khas yang disajikan juga khas Betawi, seperti Gado-gado siram ala Kampung Tugu, kue basah yang juga jadi makanan khas Mardjike, lalu Udang pisang. Acara ini berjalan menyenangkan dengan alunan musik Keroncong Tugu membuat semuanya bergerak untuk bergoyang sembari mengoleskan bedak cair ke wajah siapapun.

Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

Walaupun sebenarnya keroncong merupakan musik bawaaan portugis, namun lagi-lagi percampuran kedua budaya ini terlihat jelas dari cara berpakaian para pemusik. Pemusik ritual Mandi-mandi akan mengenakan baju koko putih ala betawi, sedangkan topi pet dan syal jadi unsur Eropanya.

Tidak hanya warga lokal saja, beberapa traveler yang mau melihat dan ikut dalam ritual ini bisa datang langsung ke Kampung Tugu pada Minggu pertama di awal tahun. Tidak perlu memakai kebaya kok, yang penting bersedia seru-seruan sambil memakai bedak. (detik travel).

Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi |

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Mengenal Gredoan, Tradisi Mencari Jodoh Dari Banyuwangi

    Berbeda dengan dengan Omed-omedan yang dilakukan secara terbuka dan disaksikan banyak orang. Gredoan yang ada di Banyuwangi dilakukan secara terpisah antara pria...