Feb 3 2017

7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan tetap mempertahankan apa yang mereka miliki hingga tidak terpengaruh oleh perubahan dunia yang semakin mengglobalisasi.

Namun hal yang unik terjadi pada beberapa suku / kelompok orang yang dulunya mengisolasikan diri dari dunia modern, secara perlahan justru menerima dan mulai berbaur dengan perubahan peradaban. Hal tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor alam, juga ada kalanya kontak dengan dunia dan manusia modern tidak dapat dihindari meskipun mereka telah berusaha mengusir dengan berbagai cara.

7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

Dan berikut ini merupakan 7 suku yang akhirnya membuka diri dengan dunia modern, seperti apa ceritanya? Ini dia selengkapnya.

1. Suku Mastanahu.

Di Amazon, menyimpan segelintir suku-suku terisolasi yang menarik, salah satunya adalah Suku Mastanahu. Suku ini awalnya memang menutup dari dunia luar. Namun, beberapa praktisi keagamaan yang datang dan masuk kesana membuat mereka menjadi lebih terbuka, bahkan sekarang sudah mau menggunakan pakaian modern.

2. Orang Biami

Orang Biami bertempat di Papua Nugini dan terisolasi dari dunia luar. Akan tetapi, semuanya sudah mulai berbeda terutama saat mereka mulai didekati oleh para jurnalis yang ingin mengenal lebih banyak kehidupan mereka. Dari sinilah akhirnya mereka dikenal dengan melakukan praktik kanibalisme di masa lalu. Orang-orang Biami kerap menangkap orang yang berbuat buruk pada suku entah itu cuma menghina. Orang yang ditangkap akan dibakar hidup-hidup lalu dimakan bersama-sama.

3. Suku Macho-Piro.

Suku Macho-Piro merupakan suku pertama terisolasi baru-baru ini baru terekspos dan berada di kawasan Amazon bagian Peru. Orang-orang Suku Macho-Piro yang berjumlah sekitar 100 orang keluar dari hutan dan menculik seorang wanita. Mereka pun juga tidak segan menyerang siapa saja yang dianggap mengganggu. Dan ada anggapan jika keluarnya mereka dari persembunyian selama ini terjadi akibat banyaknya illegal logging di kawasan hutan tempat mereka tinggal.

4. Orang Jarawa.

Orang Jawara hidup di Pulau Andaman yang sangat terjaga keasliannya. Diperkirakan mereka datang dari kawasan Afrika ribuan tahun yang lalu dan hidup di pulau tersebut sampai sekarang. Kontak pertama dengan kelompok ini tidak diketahui. Akan tetapi, beberapa orang menjadikan mereka seperti safari manusia. Orang Jarawa ternyata tidak begitu ramah dengan pendatang. Siapa saja yang warna kulitnya tidak sama bisa dibunuh begitu saja.

5. Orang Nukak.

Orang Nukak hidup terisolasi di kawasan Taman Nasional Rio Pure, Colombia. Sebelum akhirnya mau membuat kontak dengan manusia modern, mereka hidup dengan damai. Kontak pertama dengan dunia modern yang harusnya menyenangkan justru membunuh banyak anggota kelompok ini. Banyak dari mereka mengalami gangguan nfeksi saluran pernapasan. Selanjutnya suku ini juga dibantai oleh sindikat narkoba dan penyerobot lahan. Melihat kejadian tersebut akhirnya kepala suku Nukak bunuh diri dengan meminum racun. Sayang sekali ya, kontak dengan manusia modern Orang Nukak harus berujung maut.

6. Suku Acre.

Suku Acre juga termasuk salah satu suku terisolasi di Amazone yang telah didata oleh pemerintah Peru. Suku Acre dikabarkan adalah suku terisolasi yang awalnya dianggap anggota pencinta lingkungan yang menyamar untuk menolak pengeboran minyak. Namun setelah dilakukan penelitian di lapangan, suku ini nyata adanya. Dari cara komunikasi dan ekspresi mereka menggunakan suara hewan seperti jaguar dan babi. Suku ini akan menyerang siapa saja yang datang untuk membuat kontak.

7. Orang Sentinel.

Suku terisolasi lainnya yang mulai mendapatkan kontak dengan dunia modern berada di Pulau Sentinel Selatan, tepatnya di Samudera Hindia. Pada awalnya, suku ini pernah didekati sejak tahun 1967-1997. Namun sayang, insiden selalu saja terjadi. Saat ada yang mendekat, puluhan orang akan menyerang dengan panah. Pada tahun 1974, NatGeo pernah melakukan syuting dokumenter di sana, tapi tragedi terjadi hingga ada yang terluka dan terbunuh.

Itu dia, ketujuh suku yang akhirnya membuka diri dengan dunia modern, walaupun diantaranya ada yang menolak dan berujung pada hal tragis.

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...

  • Mengenal Nahua, Keturunan Aztec Yang Melekat Dengan Tradisi

    Selama ini kita mungkin hanya mengetahui bahwa bangsa Aztec merupakan kelompok suku dengan tradisi pengorbanan manusia. Suku Aztec yang berada di kawasan...