Nov 25 2016

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Jika berbicara tentang salah satu kota di Indonesia yang memiliki budaya unik, dan hampir dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara, adalah Yogyakarta. Yang unik dari budaya Yogyakarta tidak hanya terdiri dari rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, rumah adat, bahasa, lagu dan lainnya. Tapi perayaan festifal yang diselenggarakan oleh kota ini tiap tahunnya, dan tentunya acara festival yang dilaksanakan selalu meriah.

Tidak hanya satu acara festival, di Yogyakarta memiliki 7 festival tahunan yang unik dan meriah tiap tahunnya. Kapan dilaksanakannya dan apa saja festival unik tersebut?

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Seperti dilansir Hipwee, ini dia 7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta.

1. Festival Kesenian Yogyakarta.

Festival Kesenian Yogyakarta yang lebih beken dikenal dengan sebutan FKY ini adalah festival rutin yang diselenggarakan tiap bulan Agustus-September, dan berlangsung dalam 2 minggu. Biasanya festival ini diselenggarakan di pusat pasar Ngasem dekat dengan Taman Sari, Keraton, Yogyakarta.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta ini merupakan acara seni tradisional dan modern, biasanya mereka yang berpartisipasi dalam acara ini adalah pelajar dari mulai TK hingga SMA, serta beberapa komunias seni dan budaya yang ada di Jogja.

Selain itu, terdapat beberapa stand-stand kerajinan, komunitas seni, radio, bahkan kuliner pun ada. Pertunjukkan yang biasanya hadir dalam FKY ini meliputi musik, teater, stand up comedu, musikalisasi puisi, tari, pantomim, bioskop film, workshop kerajinan, lukisan, kerajinan tangan dll. Dijamin Anda yang menghadiri festival ini tidak akan kebosanan.

2. Festival Sekaten atau Grebek Maulud.

Festival Sekaten adalah sebuah festival yang dirayakan tiap bulan Desember-Januari setiap tahunnya. Festival Sekaten ini dirayakan sebagai sambutan dalam hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rangkaian pada acaranya berisi tradisi serta ritual yang telah dilestarikan sejak jaman Walisongo.

Festival Sekaten

Festival Sekaten memiliki cara unik seperti dilakukannya arak-arakan dari pada abdi dalem keraton, yang membawa gunungan (biasanya makanan, sesaji) yang kemudian akan saling diperebutkan oleh warga Jogja ketika mereka berkeliling. Dan hal ini berlangsung di alun-alun utara kota selama satu minggu penuh. Selain itu, pada perayaan festival Sekaten juga dimeriahkan dengan beberapa dagangan unik dari mulai sandang, pangan, dan kerajinan juga biasanya tetap hadir dalam tiap-tiap perayaan festival. Selain itu, ada hiburan untuk anak-anak seperti bianglala, komedi putar, rumah hanti, atraksi sepeda dan masih banyak lagi.

3. Festival Gamelan Yogyakarta.

Ada lagi festival unik lainnya di Yogyakarta, yang diselenggarakan tiap bulang Agustus selama 3 hari, yaitu FGY atau Festival Gamelan Yogyakarta. Festival tahunan ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mencapai mancanegara seperti Meksiko, USA dan Australia.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Festival Gamelan Yogyakarta yang tiap tajunnya digelar di Taman Budaya Yogyakarta ini diisi dengan exhibition dan workshop yang bisa diikuti siapapun. Terutama bagi para pecinta alat musik tradisional, Gamelan, moment festival ini jadi salah satu timing yang tepat untuk menikmati pagelaran Gamelan secara langsung.

4. Festival Jajanan Kekoenoan.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Selain festival pertunjukan seni dan budaya, Yogyakarta juga punya festival kuliner. Nah tertutama bagi para pecinta jananan tempo doeloe. Festival ini cocok untuk Anda datangi, dan biasanya diadakan pada bulan Oktober-November, berlangsung dalam 5 hari dan diadakan di Jogja Expo Center / JEC.

5. Festival Jajanan Kekinian.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Kalau festifal jajanan Kekoenoan (jajanan jaman dulu) saja ada, jajanan kekinian pun juga ada! Waaahh kebayang kan serunya!

Masih ditempat yang sama, disini Anda bisa menikmati festival makanan jajanan keknian yang sedang ngetrend. Biasanya akan ada banyak sekali outlet jajanan seperti kue, ice cream, masakan Jepang, kebab, ramen, mocha, hotdog dan burger, salad, churros dan masih banyak lagi.

6. Festival Melupakan Mantan.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Yang satu ini cukup menarik, ada-ada saja memang kreatifitas anak remaja dari Yogyakarta. Festival Melupakan Mantan ini diadakan sebagai wadah untuk orang-orang yang berniat melupakan mantannya[?]. Festival unik yang satu ini biasanya diselenggarakan tiap tanggal 13 Februari malam, tepat sebelum 14 Februari yang biasanya dirayakan sebagai hari Valentine, hari kasih sayang bagi pasangan.

Biasanya dalam festival ini adakan disuguhkan beberapa penampilan menghibur, seperti penampilan dari band lokal, stand up comedy, dan sharing bersama. Katanya, festival ini diharapkan dapat membuat Anda melupakan mantan sejenak, dan berharap saja bisa melupakan selamanya. Hal positif lainnya dari festival ini adalah pengunjung bisa membawa barang-barang yang berkaitan dengan mantan [?] mereka untuk disumbangkan. Daripada dibuang atau disimban lebih baik memang disumbangkan, selain bermanfaat dijamin Anda tidak akan terus-terusan gagal move on karena teringat mantan terus. Selain itu, amal ini juga mendatangkan pahala, benar kan?

7. Festival Jomblo.

Memang ada-ada saja, yang begini pun ada festivalnya oleh anak-anak remaja Yogyakarta. Festival Jomblo sebenarnya di daerah lain juga ada, namun berhubung  artikel ini berkaitan dengan festival unik dari Yogyakarta jadi kita bahas saja tentang perayaan festival dari Yogya.

7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

Festival ini dirayakan sebagai bentuk perhargaan pada mereka yang jomblo 😀 Festival ini juga dilaksanakan agar para jomblowan dan jomblowati tetap merasa special walaupun sedang tidak berpasangan, istilahnya ya JOJOBA, jomblo-jomblo bahagia.

Uniknya festival ini dirayakan pas tanggal 14 Februari, dimana merupakan sebuah tanggal yang bisa dibilang tanggal ‘ngenes’ buat pada jomblo. Dengan adanya festival ini mereka tidak akan kepikiran merasa paling ‘ngenes’ lagi, karena mereka sudah punya acara yang didedikasikan untuk status mereka. Tapi nilai pentingnya, bisa saja kan Anda di festival ini bertemu gebetan baru yang mungkin adalah jodoh kita ! Siapa tau…

Dari keseluruhan Festival unik tersebut yang diselenggarakan di Yogyakarta, sepertinya memang keseluruhan festival ini sangat menyenangkan dan memiliki keseruan tersendiri. Nah, dengan ini bisa jadi salah satu alasan yang tepat kan untuk Anda pergi untuk sekedar berlibur ke Yogyakarta? Semoga bermanfaat.

Baca lainnya : Keunikan Dari Bersarung Masyarakat Tengger di Ngadas

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...