Oct 11 2016

5 Suku Indonesia Yang Menarik Perhatian Kancah Internasional

Berdasarkan sensus penduduk 6 tahun lalu, Indonesia setidaknya memiliki 1.340 suku bangsa yang tersebar dari Sampai sampau Merauke. Beragam jenis suku lebih banyak mendiami kawasan hutan belantara pedalaman yang jauh dari jangkauan hingar bingar perkotaan.

Sebelumnya : 5 Rumah Pengasingan Bung Karno Yang Jadi Situs Berharga

Pada tiaptiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan tradisi, adat, seni yang berbeda-beda. Seperti yalnya orang yang tinggal di Sumatera jelasa kan memiliki kebudayaan dan tradisi yang berbeda dengan mereka yang tinggal di Bali. Hal ini lebih jelas karena pada tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki suatu perbedaan tertentu yang menjadikannya lebih menarik dan lebih kaya dari bangsa lainnya.

5 Suku Indonesia Yang Menarik Perhatian Kancah Internasional

Karena hal tersebut juga lah yang membuat beberapa suku di Indonesia menjadi perhatian dunia internasional. Berikut ini adalah 5 Suku Asli Indonesia Yang Menarik Perhatian Kancah Internasional, yang wajib Anda tau, antara lain :

1. Suku Jawa.

Pulau Jawa di Indonesia termasuk sebuah pulau dengan jumlah penduduk paling banyak. Suku Jawa sendiri memiliki banyak hal yang menarik di kancah internasional. Mulai dari kesenian tradisional yang dimilikinya seperti seni musik, seni tari, wayang, ludruk, dan masih banyak lagi. Selain itu, suku Jawa juga memiliki banyak sekali keragaman dalam jenis alat musik tradisional yang dimiliki, mulai dari alat musik klasik hingga campur modern.

2. Suku Kamoro.

Papua, bagian paling timur Indonesia ini memang telah banyak membuat semua orang terpesona dengan apa yang mereka miliki. Selain tempat tinggal, kesederhanaan, orang-orangnya dan budaya yang mereka miliki menjadi sebagian besar dari orang-orang di luar sana yang tertarik dengan kelompok suku yang hidup di tanah Papua.

Salah satunya adalah keberadaan Suku Kamoro di Papua. Suku ini adalah salah satu dari sekian suku di Papua yang memiliki keunikan dalam tarian mereka, kerajinan ukiran dan anyaman. Suku Kamoro juga lebih banyak menjungjung tinggi pada ukiran-ukiran yang dihasilkan warganya sendiri. Dalam seni ukiran Suku Kasmoro, semakin bagus ukiran yang telah dibuat maka setinggi pula pujian dan kekaguman yang mereka dapatkan, termasuk dari orang-orang luar wiyalah Indonesia.

3. Suku Nias.

Seperti namanya, suku Nias tepat berada di Pulau Nias, yaitu kepulauan yang berada di Sumatera Utara. Di Pulau Nias, warganya sampai sekarang ini masih memiliki kebudayaan megalitikum dan bertahan hingga sampai sekarang.

Di masa lalu, orang-orang Suku Nias lebih terkenal sebagai salah satu suku petarung terbaik di Indonesia. Kerapkali disebut sebagai “Warrior of Nias” para petarung suku Nias bisa melawan penjajahan Belanda kala itu dengan gagah berani, juga menghalangi penculikan-penculikan yang terjadi ada masyarakat sebelum dijadikan sebagai budak.

4. Suku Dani.

Berasal dari daerah Papua lagi, suku Dani termasuk kelompok masyarakat yang cukup menarik perhatian pada dunia. Suku Dani adalah kelompok suku yang berdiam di kawasan Lembah Baliem yang mana kondisi dari lembah tersebut budaya dan adat mereka masih bertahan hingga sekarang, serta tidak terpengaruhi oleh perkembangan dunia yang semakin modern. Jika terjadi tentu saja akan membuat rusak sebagaimana mestinya dari kebudayaan suku tersebut.

Masyarakat suku Dani juag lebih banyak memiliki upacara-upacara ritual yang dilakukan dan tidak terdapat di daerah lain. Seperti halnya tradisi potong jari yang dilakukan ketika da kerabat keluarga yang eninggal dunia. Tradisi ini menurut suku Dani sebagai bentuk kesedihan keluarga yang ditinggal pergi oleh keluarga lainnya.

5. Suku Dayak.

Yang kelima adalah Suku Dayak. Suku Dayak sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya di kancah Internasional. Ya, segala hal tentang suku yang berasal dari pedalaman Kalimantan tentang kebudayaan, kesenian, kerajinan tangan, tradisi dan adat lainnya sudah diketahui oleh banyak orang.

Diantara tarian-tarian misalnya, seperti Tari Kancet Papatai, Taru Ledo, serta Tari Pecuk Kina sangat dikenal sebagai salah satu tarian suku yang paling menarik. Tidak hanya itu, orang-orang suku dayak juga pandai membuat kerajinan kain anyaman berwarna-warni serta aksesoris lainnya.

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...