Apr 7 2016

5 Situs Budaya Peninggalan Romawi Kuno

Romawi kuno merupakan suatu peradaban yang tumbuh di dari kota Roma, didirikan di Semenanjung Italia sekitar abad ke-9 SM (sebelum masehi). Romawi kuno ini cukup cepat menyebar dan masuk ke berbagai negara di belahan bumi Eropa.

Besarnya peradaban Romawi kuno ini ditunjukan dengan adanya beberapa situs atau bangunan-bangunan yang ditinggalkan dari masanya, berikut ini beberapa situs budaya peninggalan peradaban Romawi kuno yang mendunia, di antaranya :

tembok hadrian

Tembok Hadrian

Seperti halnya tembok China, bangsa Romawi kuno juga memiliki Tembok Hadrian (Vallum Aeilum) yang dibangun pada tahun 122 M di Inggris, yang difungsikan sebagai tembok pertahanan guna menghindari serangan suku barbar dari Utara. Tembok Hadrian ini dilengkapi dengan gerbang untuk melayani arus perdagangan dan masuknya pajak, berbeda dengan tembok China yang tak dilengkapi dengan gerbang.

Teater Orange

Teater Orange

Teater Orange adalah gedung teater terbaik bangsa Romawi yang ada di kota Orange, Prancis, yang didirikan pada tahun 40 SM. Gedung teater ini dibangun untuk menyebarkan budaya Romawi ke seluruh penjuru dunia, salah satunya dengan menampilkan pertunjukan yang luar biasa di teater ini. Walaupun sempat ditutup saat agam kristen mulai masuk dan menyebar ke wilayah Romawi, namun pada tahun 2000-an, teater Orange digunakan kembali untuk menampilakn beberapa pertunjukan yang biasa dilakukan kepada masyarakat dengan GRATIS.

Baca juga : 10 Budaya Indonesia Yang Berkelas Internasional

Timgad (FILEminimizer)

Timgad

Timgad adalah kota koloni Romawi kuno yang terbaik, letaknya di Pegunungan Aures. Pada awalnya, Timgad ini adalah sebuh benter militer, namun kemudian berkembang menjadi sebuah kota besar dengan susunan tata kota yang luar biasa dengan tanah subur yang sangat cocok untuk pertanian.

Pont du Gard

Pont du Gard

Bangsa Romawi juga memiliki akuaduk atau bangunan saluran air untuk menyuplai air bersih ke berbagai wilayah kekaisaran Romawi. Akuaduk ini bernama Pont du Gard, yang memiliki tinggi 48,8 m dan panjang 275 m. Sekarang ini Pont du Gard dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi para wisatawan.

roma

Roma

Romawi kuno tentunya tak akan lepas dari kota Roma yang menjadi pusat peradabannya. Di Roma sendiri ada beberapa situs peninggalan peradaban Romawi seperti Colosseum yang sudah terkenal dan masuk ke dalam jajaran situs budaya yang diakui UNESCO, tempat pertarungan para gladiator. Ada juga kuil Pantheon yang didedikasikan untuk para dewa, pemandian terbesar Caracalla, dan forum Romanum yang menjadi pusat kotanya bangsa Romawi.

Luar biasa para orang Romawi yang bisa mendirikan bangunan-banguan super megah dan artistik tersebut, dan hal tersebut juga menjadi bukti begitu luasnya peradaban bangsa Romawi kuno.

  • Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

    Definisi dari sebuah festival umumnya adalah perayaan yang meriah dan menyenangkan. Berkumpulnya orang-orang dalam sebuah festival, menyemarakan acara tersebut dengan berbagai acara...

  • 7 Tradisi Miris Yang Dilakukan Pada Hewan

    Anda mungkin berpikir bahwa penyiksaan hewan-hewan hanya terjadi di daerah-daerah yang belum tersentuh peradaban. Namun jangan salah, banyak dari contoh negara-negara berkembang...

  • Fakta Bahasa Jawa Yang Akan Membuat Anda Kagum

    Jika Anda orang Jawa, patutlah berbangga dengan bahasa daerah yang kalian miliki. Tidak hanya untuk orang Jawa saja sih, orang-orang di daerah...

  • Pesona Kain Batik Motif Besurek Terinspirasi Ayat Al-Quran

    Kain batik merupakan salah satu warisan budaya yang harus kita jaga. Berbagai macam motif batik yang ada di negeri kita ini memang...