Oct 12 2016

5 Mitos Keliru Masyarakat Tentang Suku Dayak

Suku Dayak, termasuk salah satu suku yang hampir dikenal oleh semua masyarakat Indonesia, bahkan kepopulerannya telah sampai ke luar negeri. Mengenai suku Dayak sendiri, tidak berbeda dari suku-suku lainnya. Ada beberapa hal yang bisa serupa dari tradisi, adat dan kebudayaannya. Termasuk mitos-mitos terkait yang selama ini beredar di masyarakat.

Ya, suku Dayak juga memiliki beberapa mitos yang dipercayai oleh masyarakat. Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut telah menjadi kepercayaan bagi orang-orang yang tidak mengenal dekat suku ini. Berikut adlaah 5 Mitos Keliru Masyarakat Tentang Suku Dayak, apa saja?

5 Mitos Keliru Masyarakat Tentang Suku Dayak

1. Dikenal sebagai suku yang bringas dan kejam.

Suku Dayak dikenal sebagian orang adalah suku yang kejam, melakukan tindakan  semena-mena dan menghakimi orang dengan kejam pula. Padahal kenyataanya tidak seperti itu, hal tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan dari suku Dayak sendiri. Apabila ada kesalahan yang dibuat oleh salah satu orang suku Dayak yang termat fatal, maka sang tetua sudah pasti akan menghukum orang yang berbuat kesalahan tersebut. Ya walaupun terlihat sadis tapi hal ini sudah menjadi aturan suku Dayak.

2. Kesaktian suku Dayak yang tidak boleh dianggap remeh.

Mitos yang kedua tentang kesaktian suku Dayak yang mereka miliki. Konon katanya mereka dianggap sangat sakti hingga membuat suku-suku lain merasa takut untuk sekedar berhubungan baik antar-suku. Namun ternyata mitos ini tidak sepenuhnya benar.

Sama dengan tetua suku lainnya, orang suku Dayak memang memiliki kekuatan yang bisa dikatakan sakti. Namun, hanya sedikit orang Dayak yang bisa dikatakan sakti. Mitos tentang hal ini menjadi menguat semenjak kejadian di sambas dan sampit beberapa tahun silam.

3. Tidak bisa pulang karena Gadis Dayak?

Mitos lainnya yang beredar dari suku Dayak adalah jika ada laki-laki yang berkunjung ke Kalimantan dan bertemu dengan gadis Dayak, maka laki-laki tersebut akan bingung dan seperti orang linglung lalu kemudian tidak ingin pulang kembali ke tempat asalnya dan malah ingin menetap bersama suku Dayak. Hal ini sudah pasti mitos karena faktanya gadis-gadis suku Dayak ini memiliki wajah yang cantik rupawan dan menawan siapa saja. Jadi tidak heran jika laki-laki akan etah tinggal di Kalimantan dan tidak pulang ke kampung halamannya.

4. Pola pemikiran masyakat suku Dayak yang masih promitif, nyawa dibayar nyawa.

Setelah tragedi yang telah lalu terjadi di Sambas dan Sampit, mulai banyak beredar mitos mengenai suku Dayak. Banyak yang berpedapat jika suku Dayak ternyata masih menjadi suku yang cukup primitif karena nyawa harus dibayar dengan nyawa lagi.

Padahal hal sebenarnya terjadi karena aksi dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan senang jika terjadi pertikaian antara suku Dayak dan lainnya. Selain itu, di Dayak terdapat hukum adat yang merupakan cara penyelesaian secara damai ketika ada dua kubu yang bertikai.

5. Jangan macam-macam dengan Gadis Dayak, atau ‘masa depan’ laki-laki bisa hilang!

Nomor kelima ternyata juga merupakan salah satu mitos yang keliru di masyarakat mengenai suku Dayak. Sebenarnya tidak hanya suku Dayak, semua suku juga bisa melakukan hal tersebut jika anak gadis mereka diperlakukan secara tidak baik. Untuk itu, apabila tidak ingin kehilangan mr. P jangan pernah mempermainkan gadis dari suku manapun.

Baca juga : 5 Suku Indonesia Yang Menarik Perhatian Kancah Internasional

  • Festival Bacchanalia Yang Nyeleneh Unik Dan Gila

    Definisi dari sebuah festival umumnya adalah perayaan yang meriah dan menyenangkan. Berkumpulnya orang-orang dalam sebuah festival, menyemarakan acara tersebut dengan berbagai acara...

  • 7 Tradisi Miris Yang Dilakukan Pada Hewan

    Anda mungkin berpikir bahwa penyiksaan hewan-hewan hanya terjadi di daerah-daerah yang belum tersentuh peradaban. Namun jangan salah, banyak dari contoh negara-negara berkembang...

  • Intip Tradisi “Seker Bayrami” Perayaan Idul Fitri di Turki Semakin Manis

    Siapa sih yang tidak mengenal negara Turki ? Negara indah yang terletak di perbatasan Asia-Eropa ini memiliki tradisi unik dalam merayakan Idul...

  • Tradisi “Mayha” di Negara Turki yang Terlihat Indah Saat Bulan Ramadhan

    Siapa sih yang tidak terkenal dengan negara turki ? Letak geografisnya yang berada diantara dua benua yaitu benua Asia Barat Daya dan...