Nov 28 2016

4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya

Ada yang perlu kita ketahui tentang Indonesia. Tidak hanya dari sisi budaya indah dan menarik untuk kita ketahi dan pelajari lebih dalam, ada juga beberapa ‘budaya hitam’ yang menarik untuk kita ketahui.

Budaya hitam yang saya maksudkan disini adalah tentang kebiasaan suku-suku tertentu yang memiliki orang-orang sakti yang mereka percayai. Sebut saja dukun, di beberapa suku di Indonesia, mereka memiliki seorang atau beberapa dukun yang dianggap sakti, hingga mereka terkenal karena kemampuan si dukun tersebut. Dukun-dukut adat yang mereka miliki sama dengan budaya lainnya yang mulai tenggelam ditelan perkembangan zaman.

Pada zaman dahulu, orang-orang melihat dukun sebagai sebuah kehormatan. Para dukun yang mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk mengemban tugas sebagai penyembuh, penghubung dengan dunia lain, hingga peramal masa depan adalah suatu kebanggaan tersendiri. Namun di zaman modern seperti ini, justru para muda-mudi takut dan merasakan kengeri, karena dukun identik dengan ilmu kekuatan magis yang muncul dari penerapan ilmu hitam.

Tapi Indonesia, dulunya dan mungkin sebagian dari sekarang memiliki dukun-dukun yang disegani. Seperti dulu, di beberapa kawasan Indonesia berikut, terdapat dukun sakti yang terkenal, dan menjadi salah satu hal penting dalam kelompok suku tersebut. Dan berikut adalah 4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya.

1. Kalimantan.

4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya

Kalimantan adalah salah satu kawasan daratan terbesar se-Nusantara yang didiami oleh kelompok Suku Dayak. Kita semua sudah tau jika setiap tempat memiliki aturan dan hukuman yang berlaku. Nah, sudah sejak dulu orang-orang Dayak memang dikenal memiliki kekuatan mistis yang ditakuti. Juga senjata-senjatanya begitu kuat dan dipercaya dapat menghilangkan nyawa hanya dalam sekali libas, yaitu Mandau, Penyang dan Sipet.

Fungsi dari ilmu dukun suku Dayak tidak hanya untuk melindungi diri dan wilayah saja, namun ada juga yang katanya bisa mendekatkan jodoh dan rezeki. Terlepas dari ngerinya seputar ilmu perdukunan, kawasan yang memilki sebutan Tanah Borneo ini juga memiliki banyak sekali destinasi wisata. Hutan belantaranya dihuni oleh hewan-hewan langka berparas anggun hingga gahar. Saat kamu mengintip kehidupan bawah laut, terumbu karang dan ikan-ikan kecil akan menyambutmu, menakjubkan bukan?

2. Mentawai.

4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya

Mentawai juga merupakan sebuah kawasan kelompok suku Mentawai, yang memiliki dukun yang disebut Sikerei. Sikerei adalah julukan untuk dukun penyembuh. Namun saat ini, Sikerei di Mentawai sudah tidak bisa ditemukan. Biasanya orang-orang memang akan mendatangi Sikerei untuk meminta disembuhkan dari penyakit yang diderita. Yang unik dari Sikerei, adalah kesaktian yang mereka saksikan bahwa dia mampu untuk berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata. Selain itu, Kerei / Sikerei juga dipercaya adalah orang yang membuat dunia nyata dan alam ghaib selalu harmoni, sehingga tidak membuat risau bagi masyarakatnya.

3. Papua.

4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya

Adalah sebuah mahkota yang dipercantik dengan bulu-bulu aneka warna menjadi ciri khas penduduk Suku Asmat yang bermukim di pedalaman hutan Papua. Keberadaan mereka dianggap sebagai pelindung alam sehingga sampai sekarang ini hutan-hutan di Papua tetap terjaga. Salah satu yang membuat Suku Asmat begitu gahar dikenal adalah adalah kemampuan para tukang sihir yang digunakan untuk menangkal pihak-pihak yang ingin berbuat kerusakan di tanah moyang mereka. Kesaktian Suku Asmat bahkan dipercayai dapat menggerakkan unsur alam seperti memanggil hujan, hingga mengirim angin topan yang besar.

4. Banyuwangi.

4 Kawasan Indonesia Yang Terkenal Karena Kesaktian Dukunnya

Banyuwangi adalah kawasan di kabupaten di ujung Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Pulau Bali. Ada begitu banyak wisatawan yang berhenti sejenak di daerah asal Tari Gandrung tersebut untuk istirahat di tempat-tempat yang menakjubkan. Jika ingin melihat panorama sunrise bisa langsung menuju gunung Ijen. Permainan warna yang eksotis juga terpampang nyata di pantai-pantainya. Namun Anda belum benar-benar mengenal Banyuwangi jika tidak mengintip budaya Suku Osing. Di berbagai sudut masih banyak ditemui budaya-budaya klinik yang identik dengan praktik perdukunan. Bahkan ada yang bilang jika Banyuwangi adalah rumah bagi para dukun santet. Bukan hanya mengincar nyawa orang-orang yang dianggap menjadi ancaman, tapi juga melancarkan guna-guna untuk menaikkan pamor seseorang.

Baca juga : 7 Festival Tahunan Yang Unik Dari Yogyakarta

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...