Sep 6 2016

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Salah satu hal terbaik di dunia yang banyak disenangi orang banyak adalah perayaan hari raya. Selain karena pada hari tersebut adalah hari wajib libur dan sebuah kesempatan untuk saling bertemu dengan sanak saudara jauh dan lain sebaiknya, hari raya menjadi salah satu hari dimana kegembiraan pasti hadir mewarnainya.

Simak juga : 6 Festival Yang Jadi Budaya Unik Di Korea Selatan

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Taukah Anda, ada setidaknya 10 hari perayaan di dunia, yang perayaannya sangat dinantikan. Contohnya seperti perayaan hari Valentine, dimana hampir semua orang didunia merayakan hari tersebut dan menjadi ciri khas untuk saling berbagi cokelat dengan teman istimewa, sahabat dan lainnya. Nah, berikut ini adalah 10 lainnya dari perayaan-perayaan yang dirayakan oleh hampir keseluruhan orang di dunia!

1. April Mop.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

April Mop atau April Fool’s Day / All Fool’s Day sebenarnya tidak jelas asal dari perayaan ini dari mana. April Mop adalah hari lelucon yang dirayakan tiap tanggal 1 April. Pada tanggal tersebut semua orang bebas melakukan suatu candaan, dan harus dimaafkan karena candaan yang mereka lakukan. Hal ini ditunjukkan sebagai kesenangan semata.

Berdasarkan kepercayaan umum yang beredar, April Mop awalnya diketahui pada zaman terdahulu warga Perancis yang merayakan tahun baru mereka di awal bulan April, namun setelah kalender Gregorian diimplementasikan maka tanggal 1 Januari merupakan tahun baru yang sebenarnya. Karena ketidaktahuan, 1 April terus dirayakan tapi dengan melakukan sebuah makna lelucon atau tipuan.

2. Halloween.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Halloween day, adalah hari raya yang biasa dirayakan saat tanggal 31 Oktober . Makna dari perayaan Halloween sendiri adalah memperingati mereka yang telah meninggal, baik orang suci, para martir dan orang-orang terdekat. Di Indonesia sendiri Halloween bukanlah hari raya yang wajib dirayakan, tapi sebagian orang mungkin melakukannya. Tidak seperti di negara-negara lainnya, Halloween adalah hari raya yang wajib dirayakan dan menjadi salah satu hari libur nasional.

Perayaan Halloween di berbagai negara pun bervariasi. Contoh di Skotlandia, anak-anak akan mengenakan sebuah kostum dan berpesta bersama teman-temannya, di Irlandia anak-anak akan memainkan kembang api dan juga api unggun, dan masih banyak lagi, tergantung pada negara itu sendiri.

3. Diwali.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Perayaan Diwali atau Deepavali, adalah festival cahaya bagi mereka yang beragama Hindu sebagai memperingati kemenangan yang baik atas yang jahat di kehidupan dan menjadi harapan untuk semua umat manusia. Perayaan Diwali terjadi pada bulan Oktober atau November.

Di Indonesia perayaan ini bukan termasuk perayaan nasional, berbeda jika di negara-negara yang memiliki penduduk khususnya dari India seperti Malaysia, Singapura, Fiji, Srilanka, Myanmar, dan pastinya di India itu sendiri. Perayaan hari raya Diwali diperngati dengan menyalakan setiap lampu dan bentuk cahaya lainnya termasuk menyalakan kembang api.

4. Idul Adha.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Perayaan Idul Adha termasuk hari raya utama yang dirayakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Perayaan ini diperingati sebagai peringatan atas Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya Ismail untuk dikorbankan. Namun atas izin Allah SWT, Ismail kemudian diganti dengan seekor domba. Dari sanalah perayaan Idul Adha berasal, dan Idul Adha akan dirayakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah, tepatnya 70 hari sesudah perayaan dari Idul Fitri.

Pada hari raya Idul Adha, semua muslim akan berkumpul di pagi hari untuk itu melaksanakan sholat Ied bersama-sama, baru setelahnya menyembelih hewan kurban yang nantinya daging dari hewan kurban tersebut akan dibagikan untuk semua masyarakat sekitar. Kurang dari beberapa hari lagi, umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha.

5. Paskah.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Perayaan hari libur Paskah, dirayakan oleh seluruh umat Kristiani di seluruh dunia. Paskah menandakan 3 hari sesudah penyaliban dari Tuhan Yesus dan kebangkitannya kembali ke dunia. Hal unik dari perayaan ini adalah selalu terjadi pada hari Minggu pertama dalam bulan purnama. Umat Kristen percaya jika Paskah tidak terjadi dalam 1 hari, tapi 40 hari sebelum Paskah adalah hari yang melambangkan ketaatan dan pertibatan. 50 Hari sesudah hari Paskah sebagai hari Pentakosta, yakni hari turunnya Roh Kudus kepada para rasul. Dari lamanya hari Paskah ini kita bisa melihat jika perayaan Paskah memang termasuk salah satu hari raya paling besar dan terkenal untuk umat Kristen.

Sebagian besar umat Kristen merayakan pada hari Paskah melakukan perayaan dalam berbagai bentuk. Dimana yang paling umum adalah mewarnai telur. Telur pertama yang diwarni haruslah berwarna merah dan dijaga baik-baik di dalam rumah hingga Paskah tiba. Umumnya gereja-gereja akan merayakan Paskah sehari sebelum hari Minggu Paskah dengan Kebaktian Malam Paksah.

6. Imlek.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Di Indonesia lebih mengenai Imlek sebagai Tahun Baru Cina atau singkatnya Imlek termasuk perayaan terpenting dan terpanjang dalam kalender Cina. Imlek juga dirayakan oleh seluruh kaum Cina di berbagai belahan negara di dunia. Dimulai apada hari ke 1-15 penanggalan Cina yang kita kenal sebagai Cap Go Meh. Pada hari tersebut, orang-orang keturunan Tionghoa akan menjamu satu sama lain dan saling mengucapkan “Gong Xi Fa Cai” yang artinya selamat tahun baru. Lalu mereka juga berbagi Hong Pao / Angpau untuk tradisi yang dilakukan pada perayaan Imlek tersebut.

Khusus di negara Cina, perayaan Imlek juga disebut sebagai perayaan musim semi dan kemeriahan mereka tidak kalah dibandingkan kemeriahan saat perayaan Tahun Baru sebagaimana dikenal dunia umumnya.

7. Idul Fitri.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Perayaan terbesar untuk umat Islam di seluruh dunia lainnya adalah Idul Fitri. Idul Fitri juga dijadikan sebagai hari libur dimana hal ini sebagai perwujudan dari rasa syukur setelah melaksanakan Ramadhan. Pada perayaan Idul Fitri,  umat muslim akan bersilahturami dengan anggota keluarga lainnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan atas kesalahan yang telah terjadi.

Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal, dalam penanggalan Hijriyah (kalender yang digunakan oleh umat Islam). Syawal sendiri adalah bulan ke-10 dari penanggalan Hijriyah dan bisa jatuh pada bulan yang berbeda-beda (pada kalender nasional) di setiap tahunnya.

8. Valentine.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Valentine adalah hari perayaan yang diketahui semua orang khususnya mereka yang sudah mempunyai pasangan atau sedang jatuh cinta. Dirayakan pada setiap 14 Februari setiap tahun, mereka yang sedang kasmaran akan senantiasa merayakan Valentine baik para remaja ataupun mereka yang sudah menikah. Perayaan ini dilambangkan dalam pemberian coklat, bunga, ataupun hadiah pada pasangan yang berarti melambangkan kasih sayang mereka.

Asal mula hari Valentine sendiri dikatakan berasal dari berbagai kisah yang beredar, namun yang paling dikenal adalah kisah St. Valentine dan Putri Penjaga Penjara. Valentine mungkin memang bermula sejak ribuan tahun yang lalu dan selalu dirayakan banyak orang di berbagai belahan dunia. Namun tidak berarti semua negara mendukung perayaan kasih sayang tersebut. Dengan alasan spritual, beberapa negara di dunia yang melarang perayaan ini contohnya Russia, Malaysia, Saudi Arabia, Iran, dan Florida.

1 Hari sesudah perayaan hari Valentine adalah hari raya romantis lain yang dikenal dengan nama White Day. White Day ini biasanya hari raya ini dirayakan di negara-negara ASia seperti Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Cina. Jika di hari Valentine Si Perempuan memberikan hadiah romantis kepada Si Laki-Laki maka di White Day, Si Laki-Laki akan mengembalikan hadiah tersebut.

9. Natal.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Natal termasuk salah satu hari raya yang paling banyak dirayakan dan paling banyak ditunggu oleh semua orang. Natal yang dirayakan pada setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya oleh jutaan orang di dunia. Ada banyak sekali perdebatan mengenai asal mula dan tujuan diadakannya perayaan Natal Walaupun secara umum natal dipercaya sebagai hari kelahiran Yesus, namun beberapa orang juga percaya bahwa dari berbagai bukti tanggal 25 Desember bukanlah tanggal kelahiran Yesus. Meskipun begitu, Natal tetap adalah salah satu hari bahagia yang paling banyak dirayakan di dunia dan telah menjadi tradisi penting setiap tahunnya baik untuk umat Kristen maupun Non-Kristen.

10. Tahun Baru.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia

Perayaan Tahun baru yang dirayakan malam di tanggal 31 Desember untuk menyambut 1 Januari yang merupakan hari tahun baru untuk seluruh dunia, adalah perayaan yang sangat menakjubkan. Terlepas dari perbedaan budaya, tradisi dan kepercayaan, perayaan tahun baru menjadi salah satu perayaan yang disambut baik dan meriah oleh semua orang di dunia.

Hari raya tahun baru sendiri disebut-sebut sebagai hari raya tertua di dunia. Walaupun katanya, pada saat itu perayaan ini tidak dirayakan pada 1 Januari namun telah bersumber dari zaman Babilonia, 4000 tahun yang lalu. Pada saat itu mereka merayakannya setiap bulan muda (New Moon). Tradisi itu kemudian perlahan-lahan berubah sejak diimplementasikannya kalender Gregorius yakni kalender sekarang ini.

10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Seluruh Dunia |

  • Bangsa-bangsa Kuno Yang Terkenal Dengan Maksiat Gila

    Jika kita melihat kembali pada kehidupan zaman kuno, apa yang terpikirkan? Mungkin tentang kehidupan mereka? Ya, bangsa-bangsa kuno seperti pada era Mesir...

  • Mengenal Tsantsa, Tradisi Mengecilkan Kepala Suku Indian

    Tradisi unik yang bisa dibilang agak ngeri ini tidak lain adalah milik suku Indian, yaitu pengecilan / penyusutan kepala secara ‘sengaja’. Memang...

  • 7 Suku Yang Akhirnya Membuka Diri Dengan Dunia Modern

    Seperti suku-suku di dunia yang kita ketahui, sebagian dari mereka mulai membuka diri pada dunia modern, namun sebagian lagi masih enggan dan...

  • Senjata-senjata Khas Suku Dayak Yang Harus Anda Tahu

    Membahas tentang suku yang paling ditakuti di Indonesia, yaitu suku Dayak, pasti kita berpikir apa saja yang membuat mereka sampai-sampai mendapat julukan...