Dec 31 2016

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Semasa kecil, adalah kebiasaan orangtua yang akan mengantar anaknya tidur dengan membacakan cerita atau dongeng. Sekarang mungkin, dongeng yang diceritakan adalah tentang kisah putri Disney, seperti Cinderella, Snow White, Beauty and The Beast dll. Tapi di Indonesia, ada cerita-cerita yang melegenda, dan terkadang juga diceritakan pada anak-anak menjelang tidur. Cerita rakyat yang melegenda ini bahkan  sering kita temukan dalam buku-buku pelajaran semasa sekolah. Soal kebenaran cerita hingga melegenda atau hanya dongeng semata yang diciptakan orang dulu, kita tidak pernah mengetahuinya. Yang jelas, cerita-cerita tersebut tetap menarik untuk kita bahas.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Berikut ini adalah 10 cerita melegenda di Indonesia, simak langsung saja berikut ini selengkapnya.

1. Bawang Merah dan Bawang Putih.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Cerita rakyat tentang Bawang Merah dan Bawang Putih berasal dari cerita rakyat Melayu, terutama masyarakat Riau. Bawang Merah dan Bawang Putih ini menceritakan tentang seorang anak tiri yang bernama Bawang Putih yang selalu mendapat perlakuan tidak adil dari keluarga barunya. Karena keserakahan Bawang Merah dan ibunya, mereka mendapat ganjaran yang setimpal. Dongeng ini mengajarkan anak untuk tidak berlaku sewenang-wenang terhadap orang lain dan tetap sabar menghadapi cobaan yang menerpa.

2. Keong Mas.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Berikutnya adalah cerita tentang Keong Mas. Dongeng asli Indonesia ini bercerita tentang seorang gadis bernama Jambean yang dibuang oleh ibunya supaya tidak dibunuh oleh bapaknya sendiri. Jambean pun kemudian beralih wujud menjadi udang dan keong yang berwarna emas. Oleh dua orang janda, Jambean diselamatkan dan kembali menjadi manusia. Karena keahliannya menenun, Jambean menarik hati raja dan meminangnya menjadi istrinya.

3. Batu Menangis.

Batu Menangis

Pernah mendengar kisah tentang Batu Menangis? Dongeng ini menceritakan tentang kepercayaan masyarakat di daerah Kalimantan terhadap sebuah batu yang disebut-sebut bisa menangis. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batu itu dulunya adalah seorang anak gadis yang durhaka kepada ibunya. Penyesalanlah yang membuat gadis yang berubah menjadi batu itu menjadi menangis.

4. Lutung Kasarung.

Lutung Kasarung

Lutung adalah nama lain untuk kera. Dulu, ada sebuah putri kerajaan yang diasingkan kedalam hutan, dan bernama Purbasari. Kemudian di hutan, dia bertemu dengan lutung kasarung dan lutung pun itu menghiburnya. Suatu hari, sang kakak dari Purbasari yaitu Purbararang mengunjungi adiknya di hutan, dan ia menantang angkuh untuk membandingkan tunangannya. Purbasari pun menunjuk lutung kasarung sebagai tunangannya. Karena mendapat ejekan, seketika lutung kasarung menjadi seorang pemuda tampan yang akhirnya memperistri Purbasari.

5. Sangkuriang.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Sangkurang adalah cerita dongeng yang melegenda dan berasal dari Jawa Barat. Menurut cerita, seorang putri raja yang bernama Dayang Sumbi memiliki anak bernama Sangkuriang. Karena Sangkuriang melakukan kesalahan, kemudian ia pun diusir. Suatu saat setelah Sangkuriang menjadi dewasa dan pulang kembali, lalu bertemu dengan Dayang Sumbi sang ibu yang ternyata masih cantik. Sangkuriang pun ingin melamarnya. Untuk mencegah hal tersebut, Dayang Sumbi membuat sebuah permintaan yaitu bendungan dan sampan. Karena waktu untuk menyelesaikan permintaan itu tidak cukup, sampan itu berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

6. Timun Mas.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Dongeng asli Indonesia yang cukup populer lainnya adalah Timun Mas. Dongeng ini bercerita tentang kehidupan sepasang suami istri yang menginginkan seorang anak dan kemudian diberi keajaiban dari sebuah biji mentimun. Setelah mentimun itu berbuah, di dalamnya ternyata ada seorang bayi yang kemudian diangkat anak oleh keluarga ini. Pada usia ke-17, sesuai kesepakatan dengan raksasa, terjadi hal yang tak diduga. Berkat doa orangtuanya, Timun Mas pun berhasil lolos dari kejaran sang raksasa.

7. Malin Kundang.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Bagi masyarakat di daerah Sumatera, pasti akrab dengan dongeng asli Indonesia yang satu ini, yaitu Malin Kundang. Dongeng ini bercerita tentang seorang laki-laki yang tidak mau mengakui keberadaan ibu kandungnya sendiri. Karena marah, sang Ibu pun akhirnya mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Saat ini, kita bisa menemukan batu yang menyerupai manusia di Sumatera Barat yang dipercaya adalah sosok Malin Kundang.

8. Roro Jonggrang.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Roro Jonggrang adalah dongeng asli Indonesia yang sudah akrab di telinga masyarakat Jawa. Dongeng ini berkisah tentang seorang Putri bernama Roro Jonggrang yang dilamar oleh seseorang yang tidak ia kehendaki. Untuk membatalkan lamaran tersebut, ia mengajukan syarat yang tak mungkin dipenuhi yaitu harus membuat seribu candi. Menurut kepercayaan masyarakat, candi yang dibuat itu sekarang itulah yang dibuat untuk Roro Jonggrang yang dikenal dengan Candi Prambanan.

9. Asal Usul Danau Toba.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba memiliki cerita rakyat perihal terbentuknya danau terbesar di Indonesia itu. Awalnya, ketika seorang petani sedang memancing, ia mendapatkan ikan yang bisa berbicara. Ternyata ikan ini menjelma menjadi seorang wanita dan akan diperistri oleh si petani. Mereka kemudian dikaruniai seorang anak, namun pada akhirnya si petani melanggar sumpahnya dengan menceritakan asal-usul ibunya kepada anak mereka. Mengetahui hal ini, sang ibu menyuruh anaknya memanjat pohon yang paling tinggi di atas bukit. Dia lalu melompat ke dalam sungai dan berubah menjadi ikan besar. Cuaca yang semula tenang menjadi tidak karuan, sungai itu banjir dan airnya lalu meluap kemana-mana. Genangan air yang semakin besar ini menjadi apa yang disebut sekarang sebagai Danau Toba.

10. Cindelaras.

10 Cerita Melegenda Di Indonesia, Dongeng atau Sungguhan?

Suatu ketika, dalam sebuah kerajaan seorang permaisuri dibuang ke hutan karena kedengkian selir raja. Di hutan tersebut, permaisuri melahirkan seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama Cindelaras. Cindelaras memiliki sebuah ayam yang memberitahunya mengenai asal usul mereka sebenarnya. Dari sana Cindelaras mencari siapa ayahnya dan akhirnya diakui sebagai anak raja. Dongeng asli Indonesia ini mengajarkan kita untuk tidak melakukan hal-hal buruk karena rasa dengki. (tentik.com)

Itu dia ke 10 dongeng yang melegenda di Indonesia. Tentang kebenarannya, sebagian besar memang benar terjadi di masa lalu. Dari itu, semoga kita dapat mengambil nilai positif dari kejadian yang diceritakan dalam dongeng tersebut. Semoga bermanfaat.

  • Menelisik Kehidupan Pejuang Kita Di Pengasingan Boven Digoel

    Diasingkan di tempat pengasingan, bukan hal baru bagi para pejuang kita dulu. Bahkan ini sudah menjadi hal yang lumrah dan pengasingan tersebut...

  • Fakta-fakta Orang Suku Baduy Yang Jarang Diketahui

    Jika kita menelisik lagi tentang kehidupan orang-orang suku pedalaman, tentu akan menjadi minat tersendiri juga menambah pengetahuan kita, benar kan? Nah seperti...

  • Sederet Fakta Yang Harus Anda Ketahui Dari Mumi Di Papua

    Salah satu budaya Papua yang terbilang cukup ekstrim namun membuat kagum tidak lain adalah mumi. Kepatuhan pada tradisi dari cara bagaimana mereka...

  • Adat Budaya Betawi-Portugis Ini Masih Dilakukan Orang Betawi

    Apa yang Anda pikirkan tentang adat budaya DKI Jakarta? Betawi pasti salah satu yang terlintas dalam pikiran ANda. Namun, belum banyak yang...